Yogyakarta (ANTARA News) - Puluhan penerjun TNI Angkatan Udara ikut meramaikan acara penyambutan mahasiswa baru Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta dengan atraksi terjun payung di Lapangan Grha Sabha Pramana, Senin.

Tim Aerobatik Jupiter (Jupiter Aerobatic Team/JAT) TNI Angkutan Udara juga menampilkan beragam formasi di langit kampus UGM dalam acara yang juga dimaksudkan untuk membuka Pelatihan dan Pembelajaran Sukses bagi Mahasiswa Baru UGM (PPSMB UGM) tersebut.

"Dengan atraksi dari TNI AU ini kami berharap rasa nasionalisme mahasiswa baru UGM akan semakin tumbuh," kata Rektor UGM Panut Mulyono.

Panut menjelaskan acara itu merupakan wujud hubungan baik UGM dengan TNI Angkatan Udara. Ia berharap atraksi para prajurit TNI juga bisa menumbuhkan kebanggaan kalangan mahasiswa akan kekuatan angkatan bersenjata Indonesia.

"Sehingga tumbuh kebanggan dan mereka tahu bahwa TNI yang selama ini menjaga kedaulatan kita," kata Panut.

Ia mengatakan penumbuhan nasionalisme di kalangan mahasiswa penting untuk terus dilakukan karena mahasiswa adalah benteng Pancasila dan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

"Kami berharap mereka menjadi pemimpin dengan nasionalisme yang tinggi," kata dia.

Panut mengatakan mahasiswa baru UGM tahun ini jumlahnya sekitar 8.000an, yang meliputi mahasiswa S1 dan mahasiswa diploma di berbagai jurusan yang ada di UGM.

"Mahasiswa S1 jumlahnya enam ribuan, mahasiswa diplomanya 2.300-an sekian," kata dia.

Kepala Staf TNI Angkatan Udara Marsekal TNI Hadi Tjahjanto mengatakan atraksi prajurit di hadapan mahasiswa baru UGM merupakan bagian dari wujud apresiasi.

"Dari sekian banyak pendaftar, hanya 3,9 persen yang terpilih. Ini luar biasa, sehingga kami concern meramaikan kegiatan ini agar mereka bisa memberikan yang terbaik untuk Indonesia," katanya.


Pewarta: Luqman Hakim
Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2017