Jakarta (ANTARA News) - Kabar menyedihkan bagi penggemar Opera, karena pengembang asal Norwegia tersebut mengumumkan bahwa salah satu aplikasi Android-nya yang populer, Opera Max, akan dihentikan.

Diluncurkan pada 2014, aplikasi tersebut dimaksudkan untuk memungkinkan pengguna mengelola dan mengurangi penggunaan data pada smartphone Android.

Dilansir dari Phone Arena, Opera telah memutuskan untuk menghentikan aplikasi Android dan menghapusnya dari Google Play, karena ingin fokus pada layanan lain.

"Opera saat ini memutuskan untuk menghentikan Opera Max. Produk ini memiliki proposisi nilai yang jauh berbeda dari pada produk peramban kami, dan mewakili fokus yang berbeda untuk Opera. Oleh karena itu, kami fokus pada perambah dan layanan mendatang lainnya," tulis Opera dalam blog-nya.

Mereka yang masih menginstal Opera Max di perangkat mereka sebaiknya tidak mengharapkan adanya pembaruan baru di masa mendatang. Namun, pengguna Android akan dapat terus memanfaatkan apa yang ditawarkan Opera Max sampai pengembang mematikan layanan tersebut.

Selanjutnya, pengguna Opera Max akan diberitahu mengenai penghentian dukungan server-side saat pengembang memutuskan sudah waktunya untuk memberhentikan untuk selamanya.

Penerjemah: Arindra Meodia
Editor: Heppy Ratna Sari
Copyright © ANTARA 2017