Senin, 25 September 2017

OCA harapkan dua cabang tambahan Asian Games

| 1.718 Views
OCA harapkan dua cabang tambahan Asian Games
Ketua Umum Indonesia Asian Games Organizing Committee (INASGOC) Erick Thohir. (ANTARA /Wahyu Putro A)
Jakarta (ANTARA News) - Dewan Olimpiade Asia (OCA) mengharapkan dua cabang olahraga tambahan yang akan digelar dalam Asian Games 2018 menyusul 39 cabang olahraga yang telah disepakati pada April.

"Ada cabang olahraga yang sudah masuk dalam Olimpiade 2020 seperti skateboard, tapi itu hilang dalam program Asian Games. Kami mengonfirmasi itu hari ini," kata Direktur Umum dan Teknik OCA Husain Al-Mussalam selepas Rapat Koordinasi Panitia Asian Games 2018 ketujuh di Jakarta, Jumat.

Husain mengatakan cabang olahraga yang diusulkan oleh negara-negara kawasan Asia Tengah ada dalam Asian Games adalah kurash sebagai cabang potensi perolehan medali untuk negara-negara Asia Tengah.

"Asian Games ini terdiri dari cabang olahraga Olimpiade dan cabang olahraga tradisional seperti pencak silat. Negara-negara Asia Tengah tentu tidak berpotensi meraih medali dalam pencak silat. Mereka ingin ada ada cabang olahraga yang mewakili kawasan mereka," kata Husein.

Selain cabang skateboard dan kurash, Husein mengatakan ada perubahan nomor pertandingan pada lima cabang olahraga yang menyesuaikan Olimpiade Tokyo 2020.

"Program cabang olahraga Olimpiade 2020 itu telah diputuskan pada Juni. Ada nomor pertandingan baru pada cabang judo, tenis meja, tenis, pentathlon, dan balap sepeda," kata Husein.

Namun, Husein mengaku nomor-nomor pertandingan baru sesuai program Olimpiade Tokyo 2020 itu tidak akan menambah anggaran penyelenggaraan Asian Games 2018.

"Gelanggang pertandinganya sudah ada, panitia sudah ada, wasit sudah ada, atletnya pun sudah ada sehingga itu tidak akan menambah anggaran penyelenggaraan," kata Husein.

Husein menambahkan rapat koordinasi komite Asian Games 2018 ke-7 juga membahas kepastian penyiaran, sistem teknologi informasi, dan pencatat skor.

"Kami juga telah menerima pemaparan terkait warisan penyelenggaraan Asian Games bagi Indonesia seperti jalan-jalan tol yang baru, MRT, LRT, dan fasilitas-fasilitas olahraga yang semakin bagus," kata Husein.

Ketua Panitia Penyelenggara Asian Games (INASGOC) 2018 Erick Thohir mengatakan rapat koordinasi penyelenggara Asian Games ke-8 akan segera digelar menyusul waktu penyelenggaraan yang kurang dari satu tahun.

"Kami juga akan menggelar rapat-rapat lain seperti rapat delegasi teknis, rapat medis, dan lainnya," ujar Erick.

Editor: Tasrief Tarmizi

COPYRIGHT © ANTARA 2017

Berita Lainnya
Komentar Pembaca
Baca Juga