counter

teamLab Borderless jadi museum single-artist paling banyak dikunjungi di dunia

teamLab Borderless jadi museum single-artist paling banyak dikunjungi di dunia

(Antara/Business Wire)

teamLab Borderless dan teamLab Planets memperingati hari jadinya yang pertama.
Jika digabungkan, keduanya telah dikunjungi lebih dari 3,5 juta pengunjung.


TOKYO--(Antara/BUSINESS WIRE)-- Musim panas tahun ini menandakan hari jadi pertama bagi dua museum teamLabs di Tokyo: MORI Building DIGITAL ART MUSEUM: teamLab Borderless (Odaiba, Tokyo; selanjutnya disebut sebagai teamLab Borderless) dan teamLab Planets TOKYO (Toyosu, Tokyo; selanjutnya disebut sebagai teamLab Planets). Di hari jadinya yang pertama ini, kedua museum mencatatkan jumlah kunjungan gabungan sebanyak 3,5 juta kunjungan. teamLab Borderless sendiri dikunjungi 2,3 juta pengunjung dalam setahun sejak dibuka, melampaui jumlah pengunjung Van Gogh Museum di Belanda dan memecahkan rekor jumlah pengunjung museum yang menampilkan karya satu seniman (single-artist museum). Para pengunjung berasal dari lebih dari 160 negara dan wilayah di seluruh dunia.

Untuk melihat siaran pers multimedia, silakan klik: https://www.businesswire.com/news/home/20190808005373/en/

teamLab Borderless adalah dua museum yang didedikasikan menampilkan karya seni teamLab. teamLab Borderless adalah dunia karya seni revolusioner tanpa batas, 'museum tanpa peta'. Satu tahun sejak dibuka pada Juni 2018, museum ini telah dikunjungi oleh sekitar 2,3 juta pengunjung dari 160 negara/wilayah. Sedangkan teamLab Planets adalah 'museum dimana Anda dapat bergerak menembus air'. Pengunjung menjelajahi seluruh isi ruang tanpa alas kaki dan akan tenggelam di dalam begitu banyaknya karya seni. Setahun pasca dibuka pada Juli 2018, museum ini telah dikunjungi oleh lebih dari 1,25 juta pengunjung dari 106 negara/wilayah.

Bila dibandingkan dengan tiga museum single-artist yang paling banyak dikunjungi di dunia selama 2018,  jumlah kunjungan gabungan kedua museum ini melampaui Picasso Museum di Barcelona, Spanyol (948.483 kunjungan), dan Dalí Theatre-Museum di Figueres, Spanyol (1.105.169 kunjungan). Bahkan, jumlah kunjungan di teamLab Borderless melampui jumlah kunjungan di Van Gogh Museum di Amsterdam, Belanda (2.161.160 kunjungan), menjadikannya sebagai museum single-artist paling banyak dikunjungi di dunia. (*1)

- teamLab Borderless (Odaiba, Tokyo)
50 persen dari 2,3 juta pengunjung teamLab Borderless berasal dari luar negeri (*2), yang terbanyak berasal dari AS, kemudian diikuti oleh Australia, Tiongkok, Thailand, Kanada, dan Inggris, sehingga menjadikannya sebagai museum dengan pengunjung tak hanya dari negara-negara tetangga, tapi juga dari banyak negara di belahan dunia lainnya. Tak kalah penting, berdasarkan survey yang dilakukan pihak museum, sekitar 50 persen pengunjung asing yang mengunjungi Tokyo beralasan tujuan utamanya adalah untuk mengunjungi museum tersebut(*3).

- teamLab Planets (Toyosu, Tokyo)
30 persen dari 1,25 pengunjung teamLab Planets berasal dari luar negeri (*4), yang mayoritas berasal dari AS, Hong Kong, Taiwan, Inggris, dan Australia.

---------------------------

*1 ”THE ART NEWSPAPER SPECIAL REPORT Art’s Most Popular: Exhibition and museum visitor figures 2018” The Art Newspaper. Number 311, April, 2019.
*2 teamLab Borderless Official Website, Ticket Purchasing Data (data diperoleh selama 16 Feb - 7 Juni 2019)
*3 teamLab Borderless Visitor Survey (Diselenggarakan pada tanggal 25 Okt - 2 Nov 2018), 1.237 responden
*4 teamLab Planets Official Website, Ticket Purchasing Data (data diperoleh selama 1 Maret - 30 Juni 2019)

Tentang teamLab

teamLab (didirikan pada 2001) adalah sebuah kelompok ultrateknologis antar disiplin yang praktik kolaboratifnya berupaya menyelidiki pertemuan seni, sains, teknologi, desain dan alam. teamLab bertujuan untuk mengeksplorasi hubungan baru antara manusia dan alam, dan antara diri sendiri dan dunia melalui seni. Klik di sini untuk bio lengkap.
teamLab diwakili oleh Pace Gallery.

Press Kit

teamLab Borderless
https://goo.gl/MpzVss
Untuk tiket dan informasi selengkapnya, silakan kunjungi borderless.teamlab.art, dan follow Instagram.

teamLab Planets
https://goo.gl/tQXMLm
Untuk tiket dan informasi selengkapnya, silakan kunjungi planets.teamlab.art, dan follow Instagram.

Lihat versi aslinya di businesswire.com: https://www.businesswire.com/news/home/20190808005373/en/

Kontak
Kaori Oshima
Social Branding Team, teamLab
lab-pr@team-lab.com

Sumber: teamLab

Pengumuman ini dianggap sah dan berwenang hanya dalam versi bahasa aslinya. Terjemahan-terjemahan disediakan hanya sebagai alat bantu, dan harus dengan penunjukan ke bahasa asli teksnya, yang adalah satu-satunya versi yang dimaksudkan untuk mempunyai kekuatan hukum.

Pewarta: PR Wire
Editor: PR Wire
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar