Jakarta (ANTARA) - Bersiaplah mengosongkan tempat di kulkas untuk menyimpan daging dari hewan kurban yang disembelih pada Idul Adha.

Jika Anda berniat untuk menyimpan sebagian daging itu untuk dimasak pada kesempatan lain, simak kiat-kiat menyimpan daging di kulkas agar tetap segar.

Jangan cuci daging

Jangan mencuci daging mentah. Dikutip dari NBC, semua patogen berbahaya akan mati ketika daging dimasak dalam temperatur panas. Daging yang dicuci justru bisa mengundang bakteri.

Simpanlah daging di wadah tertutup yang aman sehingga tidak bersentuhan dengan makanan-makanan lain.

Simpan di freezer

Daging merah bisa bertahan di kulkas hingga lima hari. Bila disimpan di freezer, daging merah bisa bertahan hingga 12 bulan.

Sebaiknya lapisi lagi dengan kertas foil untuk menjaga kelembaban daging sehingga rasanya tetap segar. Segera simpan di mesin pembeku saat daging masih segar agar rasa dan nutrisinya tetap bertahan.

Sisa daging yang sudah dimasak bisa tahan hingga empat hari di kulkas, sementara bila disimpan di freezer masa tahannya bertambah hingga enam bulan. Jangan lupa untuk mendinginkan dulu masakan panas sebelum memasukkannya ke kulkas atau freezer.


Baca juga: Tips mengolah daging kurban jadi rendang lezat

Baca juga: Tips mengolah daging brisket ala "Chef" Arnold

Baca juga: Tips mengolah daging kambing agar tidak berbau

Baca juga: Tips hilangkan bau "prengus" daging kambing

Penerjemah: Nanien Yuniar
Editor: Ida Nurcahyani
Copyright © ANTARA 2019