counter

Unimed peringkat 109 repositori dunia

Unimed peringkat 109 repositori dunia

Rektor Universitas Negeri Medan Prof Dr Syawal Gultom,MPd. (Antara Sumut/Foto Istimewa)

Repositori adalah kumpulan karya ilmiah civitas yang dipublikasikan secara online dan telah di index oleh google scholar.Saat ini publikasi Unimed terindeks sebanyak 26.300 karya
Medan (ANTARA) - Universitas Negeri Medan saat ini menduduki peringkat ke- 109 dunia perangkingan instituonal repositori webometrics indexing google scholar pada Juli 2019.

Rektor Universitas Negeri Medan (Unimed) Prof Dr Syawal Gultom,MPd, di Medan, Senin (12/8), mengaku bangga atas pengakuan dunia untuk repositori Digital Library perguruan tinggi negeri itu.

"Alhamdulilah Unimed menduduki ke-109 dunia untuk repositori institusi terindeks googlescholar," kata Gultom.

Pencapaian ini, menurut dia, harus ditingkatkan, tidak hanya dalam hal publikasi, tetapi juga dalam penulisan karya ilmiah, serta penelitian dosen dan mahasiswa.

"Semoga ini menjadi motivasi kita bersama dan komitmen dalam mewujudkan kampus kita menjadi World Class University," ujar Syawal.

Ia menyebutkan, pengakuan dunia ini harus menjadi semangat untuk memperbaiki sistem publikasi ilmiah untuk repositori digital library. Perpustakaan Unimed harus mampu menjadi media publikasi aktual bagi karya civitas baik karya dosen dan mahasiswa.

Baca juga: UMSU-Unimed perkuat kerja sama peningkatan kualitas pengajaran

Semua karya ilmiah dalam bentuk skripsi, tesis, desertasi, hasil penelitian dan pengabdian dosen harus terpublikasi baik di repositori perpustakaan Unimed, sehingga akan bermanfaat bagi pengembangan ilmu pengetahuan dan menjadi rujukan masyarakat umum dalam kehidupannya.

"Kami mengucapkan selamat atas dedikasi dan prestasi repositori peringkat ke-109 dunia, semoga ini menjadi penyemangat kita bersama dalam peningkatan sistem dan layanan offline dan online di perpustakaan Unimed," katanya.

Sementara, Kepala Perpustakaan Unimed Tessa Simahate mengucapkan rasa syukur atas prestasi dan pengakuan dunia ini.

"Semoga prestasi ini dapat menjadi semangat kami dalam memperbaiki kelemahan dan meningkatkan layanan publikasi," katanya.

Repositori Unimed merupakan platform yang dikelola oleh digital library perguruan tinggi negeri itu, menampung semua terbitan ilmiah, tapi yang sudah di publish secara resmi.

Repositori adalah kumpulan karya ilmiah civitas yang dipublikasikan secara online dan telah di index oleh google scholar.Saat ini publikasi Unimed terindeks sebanyak 26.300 karya.

Google Scholar adalah layanan yang memungkinkan pengguna melakukan pencarian materi-materi pelajaran berupa teks dalam berbagai format publikasi.Diluncurkan pada tahun 2004, indeks Google Scholar mencakup jurnal-jurnal online dan publikasi ilmiah.

Google Scholar menyediakan cara yang mudah untuk mencari literatur akademis secara luas.

Baca juga: Tak ada perjokian dalam seleksi penerimaan mahasiswa mandiri
Baca juga: Rektor Unimed: Daya tampung jalur mandiri 1.700 peserta

 

Pewarta: Munawar Mandailing
Editor: Ridwan Chaidir
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Kominfo Sumut ingatkan agar hati-hati sebar berita

Komentar