counter

Sudin Pariwisata dan Kebudayaan Jakbar akan gelar Festival Kali Besar

Sudin Pariwisata dan Kebudayaan Jakbar akan gelar Festival Kali Besar

Logo perayaan hari proklamasi kemerdekaan Republik Indonesia ke-74.(dokumentasi panitia pemkab Biak)

Jakarta (ANTARA) - Dalam rangka peringatan ulang tahun ke-74 Kemerdekaan Republik Indonesia, Suku Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Jakarta Barat akan menggelar Festival Kali Besar untuk kedua kalinya dengan tema "The past to the future"

"Maksudnya itu bagaimana kita memaknai masa lalu untuk kemajuan masa depan kita. Acara di sana bukan mau mengembalikan masa lalu, tapi mau menatap masa depan dengan pelajaran masa lalu," kata Kepala Suku Dinas Pariwisata dan Budaya Jakarta Barat, Ahmad Syahrofi kepada Antara di Jakarta, Selasa.

Festival tersebut akan berlangsung selama dua hari, yakni pada 17-18 Agustus di sepanjang Jalan Kali Besar Timur.

Ajang itu akan menampilkan aksi dari berbagai komunitas seperti Komunitas History Indonesia, Komunitas Ontel Kota Tua serta serangkaian kegiatan seni dan budaya mulai dari hiburan musik, tari-tarian dan karnaval budaya.

Yang membedakan dari kegiatan tahun lalu, menurut Ahmad adalah akan ada pelatihan seperti tie dye atau mewarnai kain dengan mencelupkannya ke dalam pewarna.

Selain itu akan ada juga lomba melukis di atas kopi, lomba mural serta demo membuat racikan herbal dari rempah-rempah.

Dengan diadakannya festival tersebut diharapkan masyarakat bisa lebih mengenal Kota Tua sebagai peninggalan sejarah Indonesia serta tanda kemajuan peradaban.

"Kita jangan melihat masa lalu sebagai masa lalu, tetapi bagaimana dulu orang Eropa membangun kota ini dengan indah dan kita seharusnya bisa membangun kota lebih indah dan lebih baik lagi," ujar dia.

Pewarta: Shofi Ayudiana
Editor: Yuniardi Ferdinand
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Istana tampilkan talenta muda Indonesia

Komentar