counter

Pidato Kenegaraan

Pernyataan Jokowi soal Indonesia sentris diapresiasi

Pernyataan Jokowi soal Indonesia sentris diapresiasi

Pengamat politik Jerry Massie. (cc)

Bagus juga pernyataan Presiden Jokowi. Hal ini menjadi cita-cita Presiden Soekarno-Moh Hatta. Dahulu kan sempat terjadi sejumlah pergolakan bukan memberontak tapi ingin otonomisasi daerah biar daerah-daerah selain Pulau Jawa diperhatikan
Jakarta (ANTARA) - Pengamat politik dari Political and Public Policy Studies, Jerry Massie mengapresiasi pernyataan Presiden Joko Widodo soal membangun Indonesia sentris atau tak terpusat hanya di Pulau Jawa.

"Bagus juga pernyataan Presiden Jokowi. Hal ini menjadi cita-cita Presiden Soekarno-Moh Hatta. Dahulu kan sempat terjadi sejumlah pergolakan bukan memberontak tapi ingin otonomisasi daerah biar daerah-daerah selain Pulau Jawa diperhatikan," kata Jerry, di Jakarta, Jumat.

Menurut dia, pemerintahan Jokowi sudah memperhatikan pemerataan pembangunan mulai dari Aceh sampai Papua.

Baca juga: Presiden Jokowi: Pembangunan harus Indonesia sentris
Baca juga: Akbar Tanjung sepakat dengan pembangunan Indonesia sentris


Semua itu, lanjut Jerry, merupakan bagian program Nawacita dan Trisaksi dari Presiden Soekarno.

"Nawacita dari bahasa sansekerta. Nawa (Sembilan), Cita (Harapan, Agenda). Ini harapan besar presiden Soekarno yang dituangkan dalam Trisakti yakni membangun Indonesia dari pinggiran dengan memperkuat daerah-daerah dalam kerangka NKRI," jelasnya.

Presiden Joko Widodo sebelumnya menegaskan pembangunan yang dilakukan harus Indonesia sentris sehingga dapat dinikmati oleh seluruh lapisan masyarakat di pelosok nusantara.

"Indonesia itu bukan hanya Jakarta, bukan hanya Pulau Jawa. Indonesia adalah seluruh pelosok Tanah Air dari Sabang sampai Merauke dari Miangas sampai Pulau Rote," kata Jokowi pada sidang bersama DPD dan DPR RI di Gedung MPR/DPR di Senayan, Jakarta, Jumat.

Baca juga: Ekonom: pembangunan Indonesia tidak lagi Jawa-sentris
Baca juga: DPR: Pembangunan nasional Jokowi-JK berorientasi Indonesia sentris


Untuk itu, sebagaimana dalam pidato kenegaraan yang disampaikan dalam rangka HUT Ke-74 Kemerdekaan RI, Jokowi mengajak agar seluruh elemen bangsa untuk meneguhkan semangat para pendiri bangsa.

Menurut Jokowi, Indonesia maju bukan hanya karya presiden dan wakil presiden bukan hanya karya lembaga eksekutif lembaga legislatif ataupun yudikatif saja. Tetapi keberhasilan Indonesia juga karya pemimpin agama, budayawan dan para pendidik.

"Keberhasilan Indonesia adalah juga karya pelaku usaha, buruh, pedagang, inovator maupun petani, nelayan dan UMKM, serta karya seluruh anak bangsa Indonesia," tambah dia.

Pewarta: Syaiful Hakim
Editor: Chandra Hamdani Noor
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Pengamat ragukan pelaku penyerangan Wiranto terkait JAD

Komentar