counter

Laporan dari Beijing

Pembagian bingkisan menambah semarak HUT RI di Beijing

Pembagian bingkisan menambah semarak HUT RI di Beijing

Para anggota Paskibraka mengibarkan bendera Merah-Putih dalam upacara peringatan Kemerdekaan RI di halaman depan KBRI Beijing, China, Sabtu (17/8/2019) (M. Irfan Ilmie)

Beijing (ANTARA) - Pembagian puluhan bingkisan menarik menambah semarak peringatan Hari Ulang Tahun ke-74 RI di Kedutaan Besar RI di Beijing, China, Sabtu.

Bingkisan tersebut dibagikan di sela-sela pentas seni di atas panggung Gempita Kemerdekaan sesuai upacara di halaman depan KBRI Beijing.

Seperti tahun-tahun sebelumnya, bingkisan yang dibagikan pada peringatan HUT RI tahun ini juga terdapat tiket pesawat Beijing-Jakarta PP dan Beijing-Denpasar PP yang ditunggu-tunggu oleh para peserta.

Namun jumlah tiket yang diundi berdasarkan nomor urut kehadiran para peserta acara tersebut lebih banyak tahun ini, lima lembar tiket.

Baca juga: Upacara HUT RI di Beijing jadi ajang reuni

Panggung Gempita Kemerdekaan yang didirikan di halaman samping KBRI Beijing itu diisi dengan berbagai atraksi seni yang dibawakan oleh artis dari Jakarta, staf KBRI Beijing, pelajar Indonesia, dan kalangan China perantauan atau "Huaqiao" yang pernah tinggal di Indonesia.

Sebelumnya, upacara pengibaran bendera yang dipimpin Duta Besar RI untuk China merangkap Mongolia Djauhari Oratmangun dimulai pada pukul 08.30 hingga 09.10 waktu setempat (07.30-08.10 WIB.

Baca juga: Pesta Rakyat meriahkan HUT RI di Beijing

Hampir 600 orang menghadiri perayaan Hari Kemerdekaan RI di KBRI Beijing tersebut sehingga menyebabkan sedikit kemacetan di arus lambat Jalan Dongzhimen Luar yang mengarah ke jalan lingkar 3 Ibu Kota China itu.

Dubes Djauhari menutup rangkaian kegiatan 17-an tersebut dengan pekikan, "Merdeka...merdeka...merdeka....!" 

Baca juga: Indonesia juga bersemayam di hati mereka

Pewarta: M. Irfan Ilmie
Editor: Mohamad Anthoni
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Upacara penurunan bendera hut kemerdekaan ke-74 RI

Komentar