counter

WNI antusias rayakan HUT ke-74 RI di Vietnam

WNI antusias rayakan HUT ke-74 RI di Vietnam

Duta Besar RI untuk Vietnam Ibnu Hadi memimpin upacara peringatan HUT ke-74 RI di KBRI Hanoi pada Sabtu (17/8/2019). (KBRI Hanoi)

Jakarta (ANTARA) - Sekitar 150 warga negara Indonesia (WNI) antusias merayakan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-74 kemerdekaan Republik Indonesia dengan mengikuti upacara bendera yang berlangsung di lapangan bulu tangkis KBRI Hanoi pada Sabtu, 17 Agustus 2019.

Selain Hari Raya Idul Fitri, peringatan HUT RI menjadi salah satu hari yang ditunggu-tunggu oleh para WNI di luar negeri, tak terkecuali di Hanoi, Vietnam, menurut keterangan KBRI Hanoi yang diterima di Jakarta, Minggu.

Upacara dipimpin oleh Duta Besar RI untuk Vietnam Ibnu Hadi selaku inspektur upacara dan turut dihadiri oleh sejumlah tamu kehormatan seperti mantan Duta Besar Vietnam untuk Indonesia Nguyen Dan Quang, Wakil Ketua Hanoi Union of Friendship Organization (HAUFO) Can Viet Anh, dan perwakilan Vietnam–Indonesia Friendship Organization (VIFA) Nguyen Duy Thieu.

Selain tamu undangan tersebut, peringatan HUT RI di Hanoi juga dihadiri oleh "Friends of Indonesia", yaitu para alumnus penerima beasiswa dari Pemerintah Indonesia dan rekan media yang turut mengikuti upacara HUT ke-74 RI yang berlangsung khidmat dan tertib di tengah teriknya cuaca musim panas kota Hanoi.

Dubes Ibnu Hadi menyampaikan apresiasinya kepada WNI yang secara antusias mengikuti rangkaian kegiatan peringatan HUT ke-74 RI dari mulai perlombaan tenis meja, bulu tangkis, bowling, pidato, dan lomba anak-anak yang dilaksanakan sejak 21 Juli sampai 11 Agustus 2019 hingga upacara bendera pada Sabtu pagi.

Padahal, tidak semua WNI tinggal di Hanoi, beberapa WNI tinggal di provinsi di luar kota Hanoi, seperti Provinsi Quang Ninh dan kota Hai Phong dengan waktu tempuh selama dua sampai tiga jam.

Setelah upacara bendera, acara kemudian dilanjutkan dengan pemotongan tumpeng sebagai bentuk rasa syukur atas nikmat kemerdekaan, pembagian hadiah bagi pemenang rangkaian lomba peringatan HUT ke-74 RI.

"Kemerdekaan harus selalu kita syukuri, salah satunya dengan selalu menjaga persatuan dan kesatuan di mana pun kita berada, tak terkecuali saat kita berada di luar negeri. Semoga rangkaian acara HUT RI ke-74 ini dapat memupuk rasa kebersamaan dan semakin meningkatkan rasa cinta kita kepada Ibu pertiwi," ujar Dubes Ibnu Hadi.

Setelah upacara, para WNI di Hanoi menikmati menu makanan khas Indonesia, seperti Nasi Tumpeng, Batagor dan Pempek. Rangkaian kegiatan peringatan HUT ke-74 RI akan ditutup dengan acara resepsi diplomatik pada 21 Agustus 2019.

Baca juga: Ratusan WNI ikuti upacara HUT ke-74 RI di Jenewa

Baca juga: Staf KBRI Ankara sajikan kuliner Nusantara rayakan HUT RI

Baca juga: Nissa Sabyan meriahkan perayaan HUT ke-74 RI di Jordania

Pewarta: Yuni Arisandy Sinaga
Editor: Chaidar Abdullah
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Kabupaten Nduga dan Kepulauan Yapen raih apresiasi khusus Festival Gapura

Komentar