counter

Gubernur ajak warga Papua di Jabar senantiasa kompak-bersatu

Gubernur ajak warga Papua di Jabar senantiasa kompak-bersatu

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil. ANTARA FOTO/Raisan Al Farisi/foc.

Ini adalah bagian dari upaya menjadi persatuan dan kesatuan. Jabar Indonesia, Papua juga. Kita harus jaga kesatuan ini, kata dia
Bandung (ANTARA) - Gubernur Jawa Barat (Jabar) M Ridwan Kamil atau Emil mengajak seluruh warga Papua yang tinggal di Provinsi Jabar untuk senantiasa menjaga kekompokan dan kesatuan di tengah keberagamaan yang ada.

"Saya ingin tegaskan di sini bahwa Jawa Barat bagian dari Indonesia, termasuk Papua. Kita harus saling menjaga kekompakan dan kesatuan. Dan hal yang lain-lain bisa dibicarakan dan didiskusikan," ujar Gubernur Emil saat diminta pendapatannya soal dinamika di Papua, Senin.

Ditemui seusai menghadiri apel besar Upacara Peringatan HUT Ke-74 Provinsi Jawa Barat, di Bandung, Gubernur Emil mengatakan, dinamika yang melibatkan warga Papua di berbagai daerah tak akan terjadi di provinsi yang dia pimpin.

Baca juga: Jokowi tanggapi Papua: Emosi boleh, memaafkan lebih baik

Orang nomor satu di Provinsi Jawa Barat ini optimistis warganya, termasuk warga Papua di Jawa barat bisa menyikapi sebuah persoalan ini dengan dewasa dan senantiasa menjaga persatuan dan kesatuan.

"Kalau warga Jabar mah, sejauh ini, alhamdulillah selalu mengedepankan dialog. Segala sesuatunya bisa didiskusikan," kata dia.

Gubernur menyatakan pihaknya sangat terbuka dan melindungi keberadaan warga Papua di Jabar dan ini menunjukkan sikap sebagai tuan rumah yang baik.

Baca juga: Petik pelajaran, Tjahjo ingatkan kepala daerah jaga bicara

Baca juga: Khofifah minta maaf pada warga Papua atas kejadian di Surabaya-Malang


"Waktu dulu, pas saya jadi Wali Kota Bandung, saya mengajak warga Papua piknik satu bus ke Pangandaran, menginap main bola. Itu menandakan kita ingin maju sama-sama," kata dia.

Dia mengatakan, warga Papua juga merupakan bagian dari NKRI yang harus diperlakukan sama dengan masyarakat lainnya.

"Ini adalah bagian dari upaya menjadi persatuan dan kesatuan. Jabar Indonesia, Papua juga. Kita harus jaga kesatuan ini," kata dia.

Pewarta: Ajat Sudrajat
Editor: Edy Supriyadi
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Hujan batu rusak rumah warga Purwakarta, Ridwan Kamil minta usut

Komentar