Untuk melakukan reservasi tiket KA lokal melalui KAI Access, calon penumpang harus memperbarui aplikasi KAI Access-nya menjadi versi terbaru
Purwokerto (ANTARA) - Pemesanan tiket kereta api lokal khususnya KA Prameks dan KA Solo Ekspres mulai 1 September 2019 hanya dapat dilakukan melalui aplikasi KAI Access, kata Manajer Humas PT Kereta Api Indonesia Daerah Operasi 5 Purwokerto Supriyanto.

"Ini merupakan kebijakan baru PT KAI (Persero) guna meningkatkan pelayanan dan kemudahan bagi pengguna jasa kereta api, khususnya KA lokal Prameks dan Solo Ekspres, keduanya relasi Kutoarjo-Yogyakarta-Solo Balapan PP," katanya di Purwokerto, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, Jumat.

Dengan demikian, kata dia, penjualan tiket KA lokal di loket stasiun hanya berlaku untuk pembelian secara go show yang dibuka mulai tiga jam sebelum jadwal keberangkatan KA selama tempat duduk masih tersedia.

Ia mengatakan layanan pemesanan KA lokal melalui KAI Access dapat dilakukan mulai H-7 hingga lima menit sebelum jadwal keberangkatan.

"Untuk melakukan reservasi tiket KA lokal melalui KAI Access, calon penumpang harus memperbarui aplikasi KAI Access-nya menjadi versi terbaru. Lalu masuk ke menu Local Train untuk memilih stasiun keberangkatan dan tujuan serta jadwal keberangkatan KA," jelasnya.

Setelah melakukan pemesanan atau pembelian tiket KA lokal melalui aplikasi KAI Access, kata dia, calon penumpang tidak perlu lagi mencetak boarding pass di stasiun.

Dalam hal ini, lanjut dia, calon penumpang cukup menunjukkan e-boarding pass yang ada di aplikasi KAI Access disertai kartu identitas asli saat boarding.

"Jangan lupa, update dulu aplikasi KAI Access di HP anda sebelum melakukan pemesanan tiket," tegas Supriyanto.

Ia mengatakan kebijakan tersebut merupakan upaya PT KAI (Persero) untuk memberikan pelayanan lebih baik kepada pengguna KA lokal karena dengan KAI Access, calon penumpang dapat memesan tiket dari mana saja dan kapan saja tanpa perlu ke stasiun.

Selain itu, kata dia, calon penumpang dapat merencanakan perjalanannya jauh hari sebelum keberangkatan serta mendapatkan kepastian tiket tanpa perlu antre di stasiun.

"Bagi masyarakat yang ingin mendapatkan informasi lebih detail terkait tata cara memesan tiket KA lokal melalui aplikasi KAI Access serta informasi lainnya yang berkaitan dengan KAI, dapat menghubungi Contact Center KAI di nomor telepon 121 atau 021-121 yang siap melayani selama 24 jam atau mengunjungi petugas Customer Service yang ada di stasiun," katanya.

Supriyanto mengatakan PT KAI (Persero) akan terus melakukan inovasi untuk peningkatan pelayanan penumpang dan tetap mengutamakan keamanan serta keselamatan perjalanan KA beserta penumpang dan barang yang diangkutnya.

Ia mengharapkan masyarakat dapat menjadikan kereta api sebagai moda transportasi andalan yang aman, lancar, dan cepat sampai tujuan.

Pewarta: Sumarwoto
Editor: Ahmad Wijaya
Copyright © ANTARA 2019