counter

Prilly Latuconsina buka-bukaan tips berbisnis

Prilly Latuconsina buka-bukaan tips berbisnis

Ki-ka: Rezki Yanuar, Country Brand Manager Shopee, Prilly Latuconsina, Widita Diah Kustrini, Head of Program Semua Murid Semua Guru dan Widodo, Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Selatan di acara Muda Berdaya di Palembang, Sumatera Selatan, Sabtu (24/8/2019) (ANTARA News/ Nanien Yuniar)

Palembang (ANTARA) - Mengerjakan beberapa hal produktif dalam satu waktu terbukti berhasil dilakukan aktris Prilly Latuconsina, yakni akting, kuliah sekaligus bisnis.

Gadis 22 tahun itu mengurusi bisnis kue dan roti, minuman pelangsing juga busana di sela syuting film dan mengerjakan tugas kuliah di London School of Public Relations (LSPR).

Prilly, ditemui di acara "Muda Berdaya" Shopee dan Semua Murid Semua Guru di Palembang, Sumatera Selatan, Sabtu, berbagi tips-tips berbisnis untuk generasi muda yang berminat jadi wirausaha.

1. Ide

Teruslah berpikir secara kreatif untuk mendapatkan ide menarik. Kehadiran Internet mempermudah akses informasi demi mencari ilham bisnis.

Aktris "Danur" itu juga mengingatkan untuk selalu mencari ilmu lewat berbagai sumber, termasuk buku-buku.

"Kalau sudah yakin dengan idenya, pasti bisa jadi usaha bagus," kata mahasiswi jurusan Public Relations tersebut.

Inspirasi juga ia dapatkan lewat video-video para penjual yang diunggah di Internet, seperti proses menciptakan produk hingga membuat kemasan terlihat menarik untuk pembeli.

"Rasa ingin tahu harus dikembangkan ke hal positif, daripada buka Instagram artis terus bully, alokasikan rasa kepo ke usaha," dia berseloroh.

Baca juga: Aji mumpung dalam berbisnis? Ini kata Prilly Latuconsina

Baca juga: D'Masiv ajak duet Prilly Latuconsina setelah "stalking" Instagram


2. Manfaatkan fasilitas yang ada

Ide kreatif harus dibarengi dengan strategi pemasaran yang matang. Modal kecil bukan masalah karena ada platform-platform e-commerce yang membuat proses berjualan lebih mudah.

Tak apa bila tak sanggup membayar sewa toko di pusat perbelanjaan, ada e-commerce yang berfungsi sebagai pengganti.

Brand ambassador Shopee ini mengaku modalnya bisa ditekan karena data keuangan bisa ia pelajari secara mudah lewat laporan e-commerce. Prilly bisa belajar memahami laporan keuangan meski tidak mempekerjakan pegawai di bidang tersebut.

"Bisa belajar sendiri pakai Microsoft Excel, bikin budget, fasilitas tersedia," ujar aktris 22 tahun tersebut.

3. Sesuaikan dengan minat

"Wirausaha bisa dibentuk dengan membuat apa yang kita suka," ujar Prilly yang gemar makan dan memasak.

Itulah alasannya memilih bisnis makanan sebagai kegiatan sampingan di luar dunia akting. Prilly sekarang mengurus bisnis kue dan roti serta restoran dengan makanan bercita rasa pedas.

4. Memanfaatkan peluang

Modal besar bukan syarat wajib untuk berwirausaha. Dia mencontohkan, orang yang ingin berbisnis di bidang fashion juga bisa mencoba peruntungan meski tak punya biaya untuk membayar perancang.

Bila belum punya uang yang cukup untuk membuat produk dari nol, cobalah beralih menjadi reseller.

"Tinggal beli (baju) jadi dan dijual kembali dengan strategi marketing bagus biar orang mau beli di kita ketimbang tempat lain," ujar wirausaha muda yang sudah memiliki sekitar 40 karyawan itu.

Baca juga: Fenomena kue selebritis dianggap sebagai pemanis

Baca juga: Aktor Ali Syakieb rambah bisnis kue


 

Pewarta: Nanien Yuniar
Editor: Alviansyah Pasaribu
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Menkeu klaim kemudahan berbisnis RI membaik

Komentar