Banda Aceh (ANTARA) - Wakil Presiden Republik Indonesia, Muhammad Jusuf Kalla dijadwalkan akan berkunjung ke Aceh dan akan meresmikan gedung proyek 7 in 1 yang berada di Kampus Universitas Syiah Kuala (Unsyiah) Darussalam, Banda Aceh, Senin.

"Kunjungan orang nomor dua di Tanah Air ini dalam rangka Milad ke-58 Unsyiah dan meresmikan tiga gedung perkuliahan yang sudah siap dibangun," kata Kepala Humas Unsyiah, Chairil Munawir di Banda Aceh, Jumat.

Ia menjelaskan pembangunan gedung untuk tiga fakultas di lingkungan Unsyiah tersebut masuk dalam bagian proyek 7 in 1 yang didanai oleh Saudi Fund Development (SFD).

"Pembangunan ini telah dimulai sejak tahun 2017 lalu dan akan diresmikan penggunaannya oleh Wapres Jusuf Kalla," katanya.

Ada pun gedung yang telah usai dibangun tersebut masing-masing untuk Fakultas Matematika Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA), Fakultas Kedokteran Hewan (FKH), dan Fakultas Kelautan dan Perikanan (FKP).

Dalam kesempatan yang sama Jusuf Kalla dijadwalkan akan menyampaikan orasi ilmiah di hadapan ribuan civitas akademika Unsyiah yang merupakan agenda rutin saat milad Unsyiah berlangsung.

Ia mengatakan kunjungan tersebut menjadi penyemangat bagi civitas kampus tertua di Aceh itu untuk terus meningkatkan kualitas pendidikannya.

"Kunjungan ini tentu sangat berharga bagi kami, karena Pak JK terakhir kali ke Unsyiah pada tahun 2015 lalu," kata Chairil.

Pihaknya juga berharap kepada semua pihak terutama civitas akademika Unsyiah untuk dapat menyukseskan kegiatan yang akan dihadiri oleh Jusuf Kalla yang tercatat sebagai salah satu penerima anugerah Doktor Honoris Causa (Dr HC) dari Unsyiah pada tahun 2015.

Pewarta: M Ifdhal
Editor: Adi Lazuardi
Copyright © ANTARA 2019