Banjarmasin (ANTARA) - Ratusan hektare lahan tidur di kiri dan kanan jalan negara di Desa Gunung Raja, Kecamatan Tambang Ulang, Kabupaten Tanah Laut, Kalimantan Selatan, terbakar.

"Kebakaran lahan tidur itu sejak Kamis (29/8) pagi, pukul 10.00 WITA hingga malam hari," ujar warga RT 06 Desa Gunung Raja, Kecamatan Tambang Ulang H Udin di Tambang Ulang, Jumat.

Baca juga: Satu helikopter dari Riau bantu pemadaman Karhutla di Jambi

Dikatakannya, namun, dengan kesigapan pemadam kebakaran yang sudah bersiaga maka tidak ada korban jiwa maupun rumah warga yang terbakar.

"Pemadam kebakaran sudah siaga saat terjadinya kebakaran lahan itu sehingga tidak ada korban jiwa ataupun materi dalam peristiwa itu," katanya.

Baca juga: 72 hektare lahan perkebunan dan hutan di Purwakarta terbakar

Terus dikatakannya, untung saja kebakaran lahan tersebut tidak sampai memakan korban dan tidak perambat ke pemukiman warga karena pemadam kebakaran dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Tanah Laut dan warga sekitar siaga di tempat.

"Pemadam kebakaran dari BPBD serta warga setempat bergotong royong untuk memandam api yang membakar lahan tidur tersebut," tuturnya.

Baca juga: BPBD Sumsel kerahkan lima helikopter padamkan karhutla

Menurut dia, kebakaran lahan tidur yang terjadi di kiri dan kanan jalan negara tersebut diperkirakan sudah mencapai ratusan hektare.

"Kami sangat berterima kasih kepada para petugas kebakaran dengan mobil pemadam yang selalu siap siaga di tempat kejadian, sehingga tidak mengenai pemukiman warga," tandasnya.

Pewarta: Gunawan Wibisono
Editor: Heru Dwi Suryatmojo
Copyright © ANTARA 2019