counter

Laporan dari Kuala Lumpur

Muhammadiyah Malaysia peringati HUT RI

Muhammadiyah Malaysia peringati HUT RI

Peserta dari SD Muhammadiyah 15 Surabaya dan Sekolah Kebangsaan Malaysia mengikuti perlombaan tongkat estafet di sela deklarasi sekolah ramah anak di Surabaya, Jawa Timur, Jumat (26/4/2019). . ANTARA FOTO/Moch Asim/aww.

Kuala Lumpur (ANTARA) - Warga dan simpatisan serta kader Muhammadiyah yang ada di seputar Lembah Klang Selangor dan Kuala Lumpur memperingati Hari Proklamasi kemerdekaan RI Ke-74 di Bamboo Resort, Kuala Langat Selàngor, Malaysia, Sabtu. Program rutin tahunan yang diinisiasi bersama oleh Pimpinan Cabang Istimewa Muhammadiyah (PCIM), Pimpinan Cabang Istimewa Aisyiyah (PCIA) dan Pimpinan Cabang Istimewa Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah Malaysia (PCIMM) ini juga diikuti oleh kader Muhammadiyah dari Pimpinan Ranting Istimewa Muhammadiyah (PRIM) dan lima Ranting Aisyiyah (PRIA) yaitu; Kampung Baru, Klang Lama, Kepong, Pandan, Sungai Way dan Ampang, ditambah dari unsur jajaran Pimpinan Cabang Muhammadiyah dan Mahasiswa yang ada di Malaysia.

Kegiatan kebersamaan warga Muhammadiyah yang diselenggarakan di tempat wisata ini dimulai dengan melaksanakan Upacara Bendera Merah Putih yang dikomandani oleh Muhammad Sidqi, kader Mahasiswa Muhammadiyah S1 Usuluddin asal Lamongan yang sedang menuntut ilmu di International Islamic University Malaysia.

Inspektur upacara dipimpin langsung oleh Ketua Umum PCIM Dr. Sonny Zulhuda.

Dalam sambutannya dosen muda Fakultas Hukum Universitas Islam Malaysia itu berpesan kepada semua yang hadir untuk senantiasa mengingat jasa para pahlawan yang kebanyakan adalah para Pemimpin Ummat Islam pada masanya. Iia juga mengingatkan tentang peran Muhammadiyah dalam Kemerdekaan.

Baca juga: Malaysia sambut baik pendirian Universitas Muhammadiyah

“Muhammadiyah mempunyai peran yang sangat besar dalam memerdekakan bangsa Indonesia dari penjajahan oleh karenanya sudah wajar warga Muhammadiyah juga harus berperan dalam mengisi dan membangun bangsa ini menuju cita-cita yang diidamkan para pendiri bangsa,” katanya.

Sedangkan acara peringatan HUT RI yang dikemas dalam suasana family gathering ini diisi dengan berbagai lomba antar anak-anak, warga Muhammadiyah, Aisyiyah, masing-masing PRIM dan PRIA.

Adapun mata lomba yang dilagakan adalah lomba-lomba yang sebagaimana biasa dilaksanakan di Tanah Air seperti makan krupuk, membuat rujak, balap karung, lari sarung, cari duit dalam tepung, tarik tambang, lari balon berpasangan, pesan berantai dan lainnya.

Acara turut dihadiri oleh Nofri Hartini Tanius, anggota Majlis Tabligh Pimpinan Pusat Aisyiyah Yogyakarta dan keluarga salah seorang aktifis Muhammadiyah dari Negeri Sembilan, Yutiman yang sudah lama menetap di Malaysia.

“Ramai sekali anggota Muhammadiyah di sini, saya dan keluarga senang ikut program SE macam ini. Lain waktu PCIM dan PCIA boleh saya undang membuat program dekat Bahau, Negeri Sembilan tempat kami,” kata bapak yang masih mempunyai banyak kerabat di Padang ini.

Sementara itu Nofri dari PP 'Aisyiyah mengaku sangat senang dan bangga bisa menyaksikan dan merasakan langsung kemeriahan dan kekeluargaan warga Muhammadiyah di Malaysia.

Acara diakhiri dengan lomba favorit para kader pesyarikatan di Malaysia, yaitu lomba membuat rujak buah antar Pimpinan Ranting dan Pimpinan Cabang.

Lomba yang merefleksikan keberagaman dan kebersamaan warga persyarikatan yang bersatu serta bersemangat dalam ber-Muhammadiyah.

Baca juga: Kader IMM wakili Indonesia pada konferensi internasional di Malaysia

Baca juga: Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Jatim kunjungan ke Kuala Lumpur


Pewarta: Agus Setiawan
Editor: Zita Meirina
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Presiden RI apresiasi pemenang Festival Gapura Cinta Negeri

Komentar