counter

PT PP Infrastruktur bangun SPAM Lintas Kota Pekanbaru

PT PP Infrastruktur bangun SPAM Lintas Kota Pekanbaru

PT PP Infrastruktur saat menerima Surat Keputusan Penetapan Pemenang Pengadaan Badan Usaha Kerja Sama Penyelenggaraan SPAM (Sistem Penyediaan Air Minum) Lintas Kota Pekanbaru dan Kabupaten Kampar. HO/Dokumentasi PT PP (Persero)

Konsorsium PPMV (PT PP Infrastruktur, Maynilad Water Services Inc dan PT Varsha Zamindo Lestari) merupakan badan usaha yang dibentuk untuk membangun dan mengelola SPAM Lintas Kota Pekanbaru – Kabupaten Kampar.
Jakarta (ANTARA) - PT PP (Persero) Tbk, salah satu perusahaan konstruksi dan investasi terkemuka di Indonesia, melalui anak perusahaannya PT PP Infrastruktur menerima Surat Keputusan Penetapan Pemenang Pengadaan Badan Usaha Kerja Sama Penyelenggaraan Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) Lintas Kota Pekanbaru dan Kabupaten Kampar, Riau .

"Konsorsium PPMV (PT PP Infrastruktur, Maynilad Water Services Inc dan PT Varsha Zamindo Lestari) merupakan badan usaha yang dibentuk untuk membangun dan mengelola SPAM Lintas Kota Pekanbaru – Kabupaten Kampar," demikian siaran pers PT PP (Persero) yang diterima di Jakarta, Selasa.

SK Penetapan Pemenang Pengadaan Badan Usaha Kerjasama Lintas Kota Pekanbaru-Kabupaten Kampar diberikan oleh Direktur PT SPR Nasir Day, yang telah ditunjuk sebagai penyelenggara SPAM Regional Provinsi Riau oleh Gubernur Riau, dan diterima oleh Direktur Operasional PT PP Infrastruktur Satya Priambodo, sekaligus sebagai kuasa resmi Konsorsium PPMV.

PT PP Infrastruktur adalah perusahaan investasi, anak usaha PT PP (Persero) Tbk  yang bergerak di bidang pembangunan dan pengelolaan infrastruktur seperti jalan tol, kawasan industri, pelabuhan,bandara, fiber optic, dan air minum, dimana saat ini proyek air minum merupakan salah satu bisnis utama PT PP Infrastruktur.

Baca juga: PT PP raih predikat Industry Leader dengan sinergi

SPAM Lintas Kota Pekanbaru – Kabupaten Kampar akan melayani sekitar 624.000 jiwa (sekitar 102.000 Sambungan Rumah) di lima kecamatan, yaitu Tampan, Bukit Raya, Marpoyan Damai, Siak Hulu, dan Tambang dengan peningkatan cakupan layanan 0 persen di area pelayanan, menjadi 55 persen (greenfields) dengan sumber air baku adalah Sungai Kampar.

Standar kualitas air adalah air minum sampai di rumah pelanggan, dengan pelayanan 24 jam per hari.

Total nilai investasi yang akan digelontorkan oleh Konsorsium PPMV adalah sekitar Rp1,6 triliun, yang akan meliputi pembiayaan pembangunan Instalasi Pengolahan Air kapasitas produksi 1.000 liter per detik. Juga beserta seluruh bangunan kelengkapannya, pembangunan pipa transmisi, pembangunan seluruh jaringan distribusi di area pelayanan, serta membantu kedua PDAM untuk peningkatan kinerja dengan adanya ‘twinning program’.

Kerja sama ini akan berlangsung selama 30 tahun antara Konsorsium PPMV dan Divisi Air PT Sarana Pembangunan Riau, PDAM Tirta Siak Kota Pekanbaru dan PDAM Tirta Kampar Kabupaten Kampar.

Pembangunan SPAM Lintas Kota Pekanbaru-Kab. Kampar direncanakan akan dimulai pada tahun 2020 dan diharapkan air minum akan mengalir sampai di rumah pelanggan secara bertahap mulai 2021.
Baca juga: Sampai semester I 2019, PT PP raih kontrak baru Rp14,81 triliun
 

Pewarta: Ahmad Wijaya
Editor: Nusarina Yuliastuti
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar