counter

USU bersiap menyongsong perguruan tinggi berstandar internasional

USU bersiap menyongsong perguruan tinggi berstandar internasional

Rektor Universitas Sumatera Utara (USU) Prof Dr Runtung Sitepu SH, menyerahkan ijazah kepada seorang wisudawati yang dalam keadaan sakit di Auditorium USU, Medan, Jumat (6/9/2019). (Antara Sumut/Foto Istimewa)

Medan (ANTARA) - Universitas Sumatera Utara tidak hanya berpuas diri pada peningkatan reputasi di tingkat nasional, tetapi harus bersiap menyongsong perguruan tinggi berstandar internasional.

"Kita berharap Universitas Sumatera Utara (USU) mampu jadi salah satu perguruan tinggi pilihan masyarakat dunia untuk melanjutkan jenjang pendidikannya," kata Rektor USU Prof Dr Runtung Sitepu SH, dalam pidatonya pada acara Wisuda Sarjana 2.389 mahasiswa Tahun Akademik 2018/2019 di Medan, Jumat.

Untuk mencapai tujuan tersebut, semua pihak diminta bersama-sama menyatukan visi, mencurahkan segala ide dan daya pikir terbaik, serta bekerja keras demi memberikan hasil terbaik bagi USU khususnya dan peningkatan mutu pendidikan di Indonesia pada umumnya.

"Saya menyampaikan beberapa capaian yang membahagiakan bagi kita semua, terkait perkembangan terbaru yang diraih USU yang kita cintai ini. Khususnya untuk pencapaian berbagai prestasi, baik secara kelembagaan, maupun yang diraih oleh para Civitas Akademika USU," ujar Runtung.

Baca juga: USU raih peringkat 13 klasterisasi Perguruan Tinggi

Baca juga: Rektor: mahasiswa baru USU tetap jaga kekompakan


Ia mengatakan, pada tahun 2018, USU berada pada peringkat ke-15 atau peringkat 1 di Klaster 2. Berarti USU naik dua peringkat dari tahun 2018.

Pada tahun mendatang peringkat USU dapat terus naik dan masuk dalam jajaran 10 besar perguruan tinggi non-vokasi terbaik di Indonesia.

Saat ini, USU juga mengalami kenaikan dan berada di peringkat ke-8 perolehan jumlah publikasi ilmiah terindeks scopus pada jajaran perguruan tinggi di Indonesia, di Lembaga luar Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI).

Peringkat ini, baru saja didapat USU. Sebelumnya USU berada berada pada peringkat ke-10. "Data terakhir hingga pertengahan Agustus 2019, jumlah publikasi yang dihasilkan USU sudah mencapai 32.550 artikel secara komulatif," katanya.

Dari jumlah 2,389 wisuda USU tersebut, terdiri dari 19 orang Program Doktor, 274 orang Program Magister, 24 orang Program Magister dan Pendidikan Dokter Spesialis, 36 orang Program Pendidikan Dokter Spesialis, 58 orang Program Dokter Jenjang Magister, 233 orang Pendidikan Profesi, 1.333 orang Program Sarjana dan 412 orang Program Diploma.*

Baca juga: Kepala BNN: mahasiswa USU jangan mau terpengaruh narkoba

Baca juga: Rektor: USU peringkat pertama jumlah publikasi ilmiah scopus

Pewarta: Munawar Mandailing
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Kominfo Sumut ingatkan agar hati-hati sebar berita

Komentar