counter

Liga Inggris

Bournemouth permalukan Southampton di kandang sendiri

Bournemouth permalukan Southampton di kandang sendiri

Penyerang Bournemouth Callum Wilson (kedua kanan) melakukan selebrasi bersama rekan-rekannya seusai mencetak gol ke gawang Southampton dalam lanjutan Liga Inggris di Stadion St. Mary's, Southampton, Inggris, Jumat (20/9/2019) setempat. (ANTARA/REUTERS/Eddie Keogh)

Jakarta (ANTARA) - Bournemouth sukses mempermalukan Southampton di kandangnya sendiri dan memetik kemenangan 3-1 dalam kunjungan ke Stadion St. Mary's dalam laga pekan keenam Liga Inggris, Jumat setempat (Sabtu WIB).

Kemenangan itu sukses mengangkat Bournemouth melompat naik ke posisi ketiga klasemen dengan koleksi 10 poin, melewati kuartet London Tottenham Hotspur (8), Chelsea (8), Arsenal (8) dan West Ham United (8), demikian catatan laman resmi Liga Inggris.

Baca juga: Everton bertekuk lutut kepada Bournemouth

Sementara Southampton (7) harus rela melorot ke urutan ke-11 karena selisih gol yang memburuk dan bahkan mereka bisa kian turun jika tim-tim lain menang.

Tim besutan Eddie Howe tampil sangat efisien sepanjang laga meski hanya memiliki sekira 35 persen penguasaan bola dan melepaskan enam percobaan tembakan saja namun tiga di antaranya berbuah gol.

Efisiensi itu diperlihatkan dengan keberhasilan memanfaatkan sepak pojok pertama mereka yang dilepaskan dengan tajam Diego Rico untuk disambut tandukan Nathan Ake yang membuat kiper Angus Gunn tak berdaya. Bournemouth unggul cepat dalam waktu 10 menit.

Pada menit ke-25 para pemain Bournemouth melakukan selebrasi kecil saat Joshua King menyarangkan bola umpan terobosan Dominic Solangke, namun gol itu kemudian dianulir karena offside.

Keunggulan Bournemouth akhirnya betul-betul berganda pada menit ke-35 saat Harry Wilson, pemain pinjaman dari Liverpool, menyelesaikan umpan dari Philip Billing dengan tembakan dari tepian kotak penalti untuk melesakkan bola ke sudut bawah gawang.

Tiga menit jelang turun minum Southampton hampir memperkecil ketertinggalan lewat tembakan keras Nathan Redmond dari jarak jauh namun kiper Aaron Ramsdale berhasil mengantisipasinya dengan baik untuk mengamankan gawang Bournemouth dan keunggulan dua gol hingga babak pertama usai.

Baca juga: Daniel James cetak gol cantik, tapi MU ditahan imbang Southampton

Kondisi itu membuat pelatih Southampton Ralph Hassenhuettl memasukkan Ryan Bertrand menggantikan Kevin Danso saat memulai babak kedua demi menambah daya serang mereka.

Hasilnya pada menit ke-52 mereka memperoleh peluang itu saat wasit menunjuk titik putih menyusul pelanggaran Steve Cook terhadap Che Adams di dalam area terlarang.

Peluang itu dimanfaatkan dengan baik oleh James Ward-Prowse yang memperdaya kiper Aaron Ramsdale untuk memperkecil ketertinggalan Southampton 1-2.

Sesudah itu Southampton terus menggempur tim tamu, namun tembakan Sofiane Boufal berhasil ditolak Ramsdale, tendangan Redmond membentur barisan pertahanan Bournemouth dan sepakan Ward-Prowse digagalkan Ramsdale.

Pada menit keempat masa injury time Southampton hampir menyamakan kedudukan saat Boufal memperoleh ruang tembak di tepian kotak penalti, namun lagi-lagi Ramsdale sigap menghentikan bola yang datang.

Sesaat berselang, lini pertahanan Southampton justru mengalami miskomunikasi antara Gunn dan Jan Bednarek menyambut bola umpan jauh kiriman Ramsdale. Bola berhasil direbut oleh Callum Wilson dan ia melewati kedua penggawa Southampton itu sebelum mencetak gol ke gawang yang sudah tak bertuan, demi memastikan kemenangan Bournemouth menjadi 3-1.

Baca juga: Jadwal Liga Inggris: Chelsea vs Liverpool, dua raksasa terluka bertemu

Susunan pemain:

Southampton (4-2-2-2): Angus Gunn; Kevin Danso (Ryan Bertrand), Jan Bednarek, Jannik Vestergaard, Cedric Soares; Oriol Romeu, Pierre-Emile Hojbjerg; James Ward-Prowse, Sofiane Boufal; Nathan Redmond (Stuart Armstrong), Che Adams (Danny Ings)
Pelatih: Ralph Hassenhuettl

Bournemouth (4-4-2): Aaron Ramsdale; Jack Stacey, Steve Cook, Nathan Ake, Diego Rico; Harry Wilson (Ryan Fraser), Jefferson Lerma, Philip Billing, Joshua King (Andrew Surman); Callum Wilson, Dominic Solanke (Lewis Cook)
Pelatih: Eddie Howe

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Irwan Suhirwandi
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar