counter

Pomnas XVI 2019

Tim renang DKI Jakarta tak tergoyahkan di hari kedua POMNAS 2019

Tim renang DKI Jakarta tak tergoyahkan di hari kedua POMNAS 2019

Perenang Jawa Tengah Ahmad Mustaghfirin (kanan), perenang DKI Jakarta Azel Zelmi (tengah), dan perenang Sumatera Barat Muhammad Aldo (kedua kiri) berpose di atas podium usai menerima medali pada final nomor 50 m gaya punggung putra di Stadion Akuatik Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, Sabtu (21/9/2019). ANTARA/Shofi Ayudiana/pri

Jakarta (ANTARA) - Kontingen Provinsi DKI Jakarta masih kokoh dan tak tergoyahkan dengan raihan medali emas terbanyak hingga hari kedua pada cabang olahraga renang Pekan Olahraga Mahasiswa Nasional (POMNAS) XVI di Jakarta, Sabtu.

Pada hari kedua, kontingen DKI Jakarta berhasil menambah empat emas dan tiga perak pada pertandingan final yang diselenggarakan di Stadion Akuatik Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta.

Baca juga: DKI Jakarta dominasi raihan emas cabang renang hari pertama POMNAS

Empat medali emas tersebut diraih pada nomor 200 m gaya kupu-kupu putri, 50 m gaya punggung putri dan putra, serta 4x100 m gaya bebas estafet putri. Sementara medali perak diperoleh dari nomor 100 m gaya dada putra, 200 m gaya kupu-kupu putra, dan 50 m gaya punggung putri.

Angel Gabriella Yus menyumbang emas pertama bagi kontingen DKI Jakarta pada nomor 200 m gaya kupu-kupu putri dengan catatan waktu dua menit 26,52 detik, terpaut sangat tipis dengan lawannya dari Jawa Tengah Hanna Christina Purnaninda yang mencetak waktu dua menit 27 detik.

Selanjutnya, emas kedua dipersembahkan oleh AA Istri Kania Ratih pada nomor 50 m gaya punggung putri. Ia mencatatkan waktu 30,2 detik disusul oleh rekan satu timnya Sofie Kemala dengan perolehan waktu 31,18 detik. Ini menjadi emas kedua dari AA Istri Kania Ratih setelah pada Jumat (20/9) ia juga menang pada nomor 50 m gaya kupu-kupu putri.

Selain di nomor gaya punggung putri, perwakilan DKI Jakarta juga memperoleh emas pada nomor 50 m gaya punggung putra melalui Azel Zelmi dengan catatan waktu 27,66 detik setelah harus bersaing ketat dengan jagoan Sumatera Barat Muhammad Aldo yang mencetak waktu 27,95 detik.

Kontingen DKI Jakarta semakin tak tergoyahkan lagi setelah tim putri melenggang mulus pada nomor 4x100 m gaya bebas estafet, jauh meninggalkan lawan-lawannya.

Pada nomor tersebut, kontingen DKI Jakarta mencatatkan waktu tercepat yakni empat menit 5,34 detik, disusul oleh Jawa Timur dan Jawa Barat yang masing-masing mencetak waktu empat menit 15,66 detik dan empat menit 19,67 detik.

Dengan demikian, hingga hari kedua, kontingen DKI Jakarta telah meraih tujuh medali emas, empat perak, dan satu perunggu.

Berikut hasil lengkap final cabor renang POMNAS XVI hari kedua (emas, perak, perunggu) :

100 m gaya dada putri
1. Anandia Treciel Vanessae (Riau)
2. Felicia Angelica (Banten)
3. Halimatus Sadiah (Lampung)

100 m gaya dada putra
1. M Dwiky Raharjo (Jawa Barat)
2. Ilham Achmad Turmuzi (DKI Jakarta)
3. Alvin Purwandha (Jawa Timur)

200 m gaya kupu-kupu putri
1. Angel Gabriella Yus (DKI Jakarta)
2. Hanna Christina Purnaninda (Jawa Tengah)
3. Dea Salsabila Putri (Jawa Timur)

200 m gaya kupu-kupu putra
1. Reza Bayu Prasetyo (Jawa Barat)
2. Rashief Amila Yaqin (DKI Jakarta)
3. Dewa Gede Anom (Bali)

50 m gaya punggung putri
1. AA Istri Kania Ratih (DKI Jakarta)
2. Sofie Kemala (DKI Jakarta)
3. Dewi Novita Lestari (Bali)

50 m gaya punggung putra
1. Azel Zelmi (DKI Jakarta)
2. Muhammad Aldo (Sumatera Barat)
3. Ahmad Mustaghfirin (Jawa Tengah)

4x100 gaya bebas estafet putri
1. DKI Jakarta
2. Jawa Timur
3. Jawa Barat

Baca juga: Bali kawinkan medali emas pada cabang olahraga kriket

Baca juga: Dirjen Pembelajaran-Kemahasiswaan Kemenristekdikti buka POMNAS XVI

Pewarta: Shofi Ayudiana
Editor: Dadan Ramdani
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Jakarta menjadi tuan rumah POMNAS XVI

Komentar