Balap Sepeda

Aiman Cahyadi pebalap tercepat etape dua Tour de Banyuwangi Ijen

Aiman Cahyadi pebalap tercepat etape dua Tour de Banyuwangi Ijen

Pebalap Indonesia Cahyadi Aiman saat sampai di finis dalam ajang balap sepeda International Tour de Banyuwangi Ijen. Kamis (26/9/2019). ANTARA/Novi H/am.

Jakarta (ANTARA) - Pebalap Indonesia Aiman Cahyadi sukses membuat gebrakan dengan menjadi yang tercepat pada etape dua International Tour de Banyuwangi Ijen (ITdBI) 2019 dari Tegaldlimo menuju Kantor Bupati Banyuwangi, Kamis.

Andalan PGN Road Cycling Team (PRCT) ini membukukan catatan waktu tiga jam 34 menit empat detik untuk menempuh jarak 148,2 km. Aiman unggul empat detik dari pebalap di posisi dua, Ismael Grospe dari Team Go For Gold Filipina. Di posisi tiga ada pebalap Sapura, Cristian Raileanu.

Kemenangan pebalap Indonesia di etape ini menunjukkan jika tuan rumah mampu bersaing dengan pebalap asing yang selama ini mendominasi setiap kejuaraan internasional di Tanah Air. Hasil ini sama dengan tahun lalu, namun dengan pebalap berbeda, yaitu Jamalidin Novardianto.

Etape dua ITdBI 2019 didominasi dengan lintasan datar. Meski ada sedikit rolling, lintasan yang cenderung datar itu memanjang sejauh 110 km. Setelah itu semua pebalap dihadapkan dengan tanjakan yang tidak begitu tinggi meski masuk kategori tiga.

Setelah itu semua pebalap kembali dihadapkan dengan lintasan rolling dan setelah masuk kota Banyuwangi hingga lokasi finis dihadapkan dengan lintasan datar. Namun, Aiman sukses melepaskan diri sehingga finis sendirian atau unggul empat detik dengan pebalap kedua.

Meski meraih kemenangan di etape dua, Aiman belum mampu merebut yellow jersey tanda pimpinan klasemen. Posisi puncak saat ini direbut oleh pebalap Sapura, Jesse Eward yang pada etape dua hanya finis diurutan empat.

Maral Erdene Batmunkh dari Terengganu Cycling Team yang sebelumnya memegang Yellow Jersey harus melorot ke posisi lima klasemen umum. Hanya saja untuk predikat raja sprint (green jersey) sementara ITdBI 2019 tetap dipegang oleh pebalap asal Mongolia itu dengan raihan 26 poin.

Aiman untuk saat ini harus puas berada di posisi delapan klasemen umum terpaut empat menit empat detik dengan pemuncak klasemen sementara Jesse Eward. Untuk pebalap Indonesia tercepat (red white jersey) masih dipegang Selamat Juangga dari KFC Cycling Team.

Setelah menyelesaikan balapan dari Alas Purwo National Park, Tegaldlimo menuju Kantor Bupati Banyuwangi dengan jarak tempuh 148,2 km, pebalap yang finis akan menjalani etape tiga (city race) yang start dan finis di kantor Bupati Banyuwangi, Jumat (27/9).

ITdBI 2019 menempuh total jarak 520,6 km yang terbagi atas empat etape. Pada kejuaraan yang masuk kalender UCI dengan level 2.2 ini diikuti 19 tim termasuk tuan rumah Banyuwangi, yaitu Banyuwangi Road Cycling Community.

Pewarta: Bayu Kuncahyo
Editor: Endang Sukarelawati
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar