counter

Piala Dunia Rugby

Afsel hancurkan Namibia 57-3

Afsel hancurkan Namibia 57-3

Centre tim Afrika Selatan Frans Steyn (tengah) ditekel oleh para pemain Namibia dalam pertandingan Pool B Piala Dunia Rugby 2019 dalam pertandingan yang dimainkan di Stadion Toyota, Jepang, Sabtu (28/9/2019) malam WIB. (ANTARA/AFP/ADRIAN DENNIS)

Jakarta (ANTARA) - Afrika Selatan (Afsel) menghancurkan sesama wakil Afrika, Namibia, dengan skor 57-3 dalam pertandingan Pool B Piala Dunia Rugby 2019 yang dimainkan di Stadion Toyota, Toyota, Sabtu malam WIB.

Kemenangan ini membawa Afsel menduduki peringkat kedua di klasemen Pool B dengan koleksi lima poin, sedangkan Namibia berada di peringkat keempat dengan nol poin, demikian dilansir laman resmi turnamen.

Mbongeni Mbonambi mencetak try saat laga memasuki menit kesembilan, setelah ia mendapat operan dari Lood de Lager. Elton Jantjies kemudian sukses melakukan konversi untuk memperbesar keunggulan The Springbok.

Pada menit ke-14, pemain flanker Francois Louw menambah keunggulan timnya melalui try yang ia lakukan. Afsel semakin jauh meninggalkan Namibia pada menit ke-16, melalui try kedua Mbonambi.

Namibia sempat terlihat lebih gigih setelah kuarter pembukaan, bahkan pemain fly-half mereka Cliven Loubser sempat mencetak poin melalui penalti pada menit ke-24.

Namun kemasukan tiga poin membuat Afsel terbangun. Mereka kemudian mencatatkan try terbaik di pertandingan ini. Frans Steyn dan Vincent Koch meneror lubang-lubang di pertahanan Namibia, sebelum pemain scrum-half Jantjies mengirim operan melebar tertuju kepada Warrick Gelant.

Gelant menarik pemain bertahan terakhir lawan untuk membuka jalan bagi Makazola Mapimpi, dan dituntaskan menjadi try.

Afsel masih sempat mencetak satu try lagi dari Lukhanyo Am, untuk membuat mereka memimpin 31-3 pada babak pertama.

Namibia mampu menahan Afsel pada awal babak kedua, namun Afsel menggebrak dengan tiga try dalam rentang waktu 11 menit untuk menjadi tim pertama yang mencatatkan 50 poin di Piala Dunia Rugby 2019.

Gelant kembali memperlihatkan ancaman yang dapat diberikannya saat menyerang dengan mencetak try pada menit ke-47. Mapimpi kemudian mengemas try keduanya pada menit ke-53 setelah pergerakan lineout cerdas yang dilakukan Schalk Brits.

Mereka masih menambah dua try lagi dari kapten Siya Kolisi pada menit ke-58 dan dari Brits pada menit ke-63.

Baca juga: Samoa ukir kemenangan besar 34-9 atas Rusia
Baca juga: Wales tundukkan Georgia 43-14 di Piala Dunia Rugby

Pewarta: A Rauf Andar Adipati
Editor: Teguh Handoko
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar