Generasi muda diajak harus tolak bangkitnya G30S/PKI

Generasi muda diajak harus tolak bangkitnya G30S/PKI

Aktivis HMI ULM Cabang Banjarmasin Roy Prayoga. (ANTARA/Gunawan Wibisono)

Kami sebagai generasi muda menolak keras kebangkitan PKI di Indonesia
Banjarmasin (ANTARA) - Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Banjarmasin mengajak agar para generasi muda bangsa yang disebut sebagai kaum milenial harus bisa bersatu dan bersepakat untuk terus menolak kebangkitan paham dan Partai Komunis Indonesia (PKI) di Tanah Air.

"Kami sebagai generasi muda menolak keras kebangkitan PKI di Indonesia, khusus di Banjarmasin, Kalsel," kata Aktivis HMI Cabang Banjarmasin, Roy Prayoga di Banjarmasin, Senin.

Dikatakannya, sebagai anak muda harus menjadikan peristiwa sejarah yang kelam pada 30 September 1965 itu sebagai pembelajaran agar tidak terjadi lagi di masa mendatang.

Baca juga: Banyak warga Surabaya tak kibarkan bendera setengah tiang

Oleh karena itu, lanjutnya, maka generasi muda bangsa harus mampu mengembangkan intelektualnya dan mereka harus bisa kritis untuk melihat peristiwa Gerakan 30 September (G30S) sebagai peristiwa kelam yang ingin menggantikan Pancasila.

Ia melanjutkan, G30S yang diduga didalangi oleh PKI itu dahulu kala membuat kekacauan di negeri ini dan jangan sampai terulang kembali karena mereka mencoba untuk menghancurkan Indonesia dan ingin mengganti ideologi Pancasila.

"Jadi kita sebagai generasi muda harus mampu membendung dan menolak PKI yang masih berkeinginan dan terus berusaha bangkit untuk menguasai negara ini," tuturnya kepada Antara.

Baca juga: Sepotong ketegangan Indro Warkop tentang G30S

Akitivis muda ini terus mengatakan, sejarah buruk PKI harus selalu diingat dan harus diceritakan kembali peristiwa kelam itu ke seluruh pemuda Indonesia agar mereka nantinya bisa membendung dan menolak keberadaan PKI bila ingin mencoba bangkit kembali.

"Jangan pernah generasi muda bangsa ini melupakan tujuh pahlawan revolusi yang mengorbankan jiwa dan raganya demi mempertahankan Pancasila sebagai satu-satunya ideologi bangsa ini," tutur Aktivis HMI Universitas Lambung Mangkurat itu.
 

Pewarta: Gunawan Wibisono
Editor: Edy Sujatmiko
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Presiden ajak TNI berantas warisan PKI

Komentar