Penerbitan Paspor di Imigrasi Meulaboh melebihi target 6.675 dokumen

Penerbitan Paspor di Imigrasi Meulaboh melebihi target 6.675 dokumen

Paspor (Antarasumsel.com/Grafis/Ist)

Meulaboh (ANTARA) - Penerbitan dokumen keimigrasian berupa dokumen perjalanan (buku paspor) di Kantor Imigrasi Kelas II non tempat pemeriksaan imigrasi (TPI) Meulaboh, Kabupaten Aceh Barat, Aceh, melebihi target penerbitan mencapai 6.675 buah paspor.

Data yang diperoleh ANTARA, total target penerbitan buku paspor di kantor tersebut pada tahun 2019 ini hanya sekitar 5.685 buku paspor.

"Ini merupakan capaian yang sangat tinggi, karena hingga bulan Agustus 2019, jumlah buku paspor yang sudah kita terbitkan mencapai 6.675 buku," kata Kepala Kantor Imigrasi Meulaboh, Imam Santoso kepada ANTARA di Meulaboh, Senin.

Baca juga: Paspor elektronik RI peroleh Sertifikat Public Key Directory ICAO

Menurut dia, capaian keberhasilan kinerja yang sudah berhasil direalisasikan tersebut Imigrasi Meulaboh telah membuktikan bahwa saat ini, tren masyarakat untuk bepergian sudah semakin banyak.

Hal tersebut dipengaruhi oleh sejumlah faktor diantaranya, banyaknya masyarakat yang melaksanakan ibadah haji dan umar ke tanah suci Arab Saudi.

Kemudian, banyaknya warga Aceh yang berobat di negara jiran seperti Malaysia, paspor berlibur, serta dipengaruhi oleh faktor mahalnya tiket pesawat, sehingga sebagian besar masyarakat di daerah ini, melakukan perjalanan dengan transit di Malaysia karena bisa mendapatkan tiket dengan harga murah.

Baca juga: Imigrasi Meulaboh tegaskan sanksi pegawai pelaku pungli

Baca juga: Ditjen Imigrasi akan cabut paspor Veronica Koman


Meski sudah mengeluarkan dokumen perjalanan melebih target yang sudah ditetapkan, Imam Santoso mengakui hal tersebut tidak menyebabkan pelayanan pembuatan paspor di kantor tersebut terganggu.

"Jika ada kekurangan paspor, maka kita bisa pesan lagi ke Direktorat Imigrasi di Jakarta, tidak ada masalah," kata Imam Santoso.

Pewarta: Teuku Dedi Iskandar
Editor: Joko Susilo
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Kemenag Aceh terapkan ujian semester berbasis online

Komentar