counter

E-Sport

Piala Presiden Esport 2020 akan pertandingkan gim lokal

Piala Presiden Esport 2020 akan pertandingkan gim lokal

(Ki-ka) Atlet Esports Tim Island of God (IOG) Fickri Aulia, CEO BOOM ID Esports Gary Ongko Putera, Sesmenpora Gatot S. Dewa Broto, Ketua Panitia Pelaksana Piala Presiden Esports 2020 Giring Ganesha dalam dialog media bertajuk ‘Membangun Ekonomi Esport’ di Jakarta, Selasa (1/10/2019). (ANTARA/Shofi Ayudiana)

Jakarta (ANTARA) - Ketua Panitia Pelaksana Piala Presiden Esport (PPE) 2020 Giring Ganesha mengatakan penyelenggaraan PPE tahun depan akan mempertandingkan tiga gim termasuk satu gim lokal dari Indonesia.

“Piala Presiden Esports 2019 kemarin kita hanya memainkan satu gim, tapi kalau sekarang dengan bangga kita bilang bahwa Piala Presiden Esports 2020 akan mempertandingkan tiga gim termasuk gim lokal,” kata Giring di Jakarta, Selasa.

PPE 2019 sukses digelar dengan hanya mempertandingkan satu gim mobile yakni Mobile Legends, dan mampu mengundang hingga empat juta penonton. Sementara pada tahun 2020 akan ada tiga gim yaitu battle royale Free Fire, Pro Evolution Socer (PES), dan satu gim lokal yang belum dipastikan.

“Intinya kita mendukung industri gim lokal juga. Karena menurut saya ini (PPE) adalah momen yang bagus banget untuk mereka mempromosikan karya anak bangsa,” ujarnya.

Selain akan mempertandingkan tiga gim, Giring juga menyatakan akan ada tim-tim esports dari negara Asia Tenggara untuk datang ke Indonesia dan memperebutkan piala esport. Negara-negara yang dipastikan berpartisipasi adalah Malaysia, Singapura, Filipina, Thailand, dan Kamboja.

Giring berharap turnamen PPE akan menjadi sebuah piala yang paling bergengsi di seluruh pertandingan esports di Indonesia sekaligus memberikan dampak besar untuk meningkatkan ekonomi dan prestasi para atlet esport.

Turnamen PPE yang mendapatkan dukungan pemerintah termasuk Kemenpora, Bekraf, dan Kominfo, menurut Giring adalah sebuah bentuk konkret bahwa pemerintah serius mengembangkan ekosistem esports di Indonesia.

Baca juga: Peraturan menteri soal esport rampung sebelum SEA Games 2019

Baca juga: Puluhan jagoan olah raga dan esport terima penghargaan di Haornas 2019

Baca juga: Timnas esport optimistis capai target di SEA Games 2019

Pewarta: Shofi Ayudiana
Editor: AA Ariwibowo
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar