Tahun ini kami menyelenggarakan turnamen secara offline, dengan jumlah pengunjung yang mencapai tujuh ribu orang
Jakarta (ANTARA) - Ketua Panitia Penyelenggara Piala Presiden Esports 2022 Rangga Danu Prasetyo menyebutkan bahwa jumlah waktu tonton dalam siaran langsung turnamen mencapai sekitar 50 juta jam atau meningkat 50 persen dibanding tahun lalu.

Laporan turnamen dari ketua panitia juga menyebutkan bahwa total pendaftar selama turnamen ini mencapai sekitar 80 ribu peserta, dan pengunjung acara utama turnamen, yang digelar secara luring di Istora Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, pada 11-13 November 2022, mencapai sekitar tujuh ribu orang.

"Saya mewakili panitia penyelenggara ingin menyampaikan beberapa data terkait dengan Piala Presiden Esports 2022. Total peserta yang mendaftar turnamen ini mencapai sekitar 80 ribu peserta. Kemudian total prize pool adalah Rp2 miliar, dengan masing-masing cabang memiliki hadiah yang sama sekitar Rp350 juta," kata Rangga dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Minggu.

Baca juga: Bigetron Alpha angkat trofi Mobile Legends Piala Presiden Esports 2022

"Tahun ini kami menyelenggarakan turnamen secara offline, dengan jumlah pengunjung yang mencapai tujuh ribu orang. Kemudian turnamen ini berhasil mencapai sekitar 50 juta jam, dan meningkat sekitar 50 persen ketimbang turnamen tahun lalu."

Bertajuk "Esports Untuk Negeri," Piala Presiden Esports kali ini berhasil menambahkan gim lokal untuk dipertandingkan.

Jika tahun sebelumnya ada Lokapala dan Battle of Satria Dewa, tahun ini turnamen tersebut membawa satu lagi gim lokal, yang mengedepankan budaya dengan tokoh-tokoh legendaris Indonesia, Battle of Guardians.

Plh Deputi II Kantor Staf Presiden Usep Setiawan mengatakan bahwa tajuk "Esports Untuk Negeri" sangat relevan dan signifikan, terlebih untuk regenerasi atlet dan pengembangan ekosistem esport lokal.

Baca juga: Evos Divine sabet gelar juara Free Fire Piala Presiden Esports 2022

Dia juga berharap gim lokal yang selalu dipertandingkan dalam Piala Presiden Esports tiap tahunnya, juga dapat dipertandingkan dalam berbagai turnamen lainnya.

"Kami melihat jika tema "Esports Untuk Negeri" yang menjadi tagline tahun ini sangat relevan dan signifikan, untuk regenerasi atlet dan pengembangan ekosistem esports. Selain itu Piala Presiden Esports 2022 selalu menghadirkan gim karya anak bangsa yang tahun ini jumlahnya mencapai tiga gim," ujar Usep.

"Hal Ini juga merupakan bagian dari pengembangan industri gim lokal, dan harapannya gim lokal dipertandingkan dalam berbagai turnamen lainnya," ujarnya menambahkan.

Baca juga: Dewa United Esports juarai game Lokapala Piala Presiden Esports 2022

Berikut daftar pemenang Piala Presiden Esports 2022.
  • Battle of Guardians​​: M. Kiki Baihaqi (Noizze)
  • Battle of Satria Dewa​​: Siam Esports​​​​​​​
  • Free Fire​​​: EVOS Divine​​​​​​​
  • Lokapala​​​: Dewa United Esports​​​​​​​
  • Mobile Legends Bang Bang​: Bigetron Alpha​​​​​​​
  • PUBG Mobile​​​: NFT Esports
Baca juga: NFT Esports raih gelar juara PUBG Mobile Piala Presiden Esports 2022
Baca juga: Noizze juarai Battle of Guardians Piala Presiden Esports 2022

Pewarta: Arindra Meodia
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2022