Gerindra inginkan kursi Ketua MPR demi tunjukan keseimbangan politik

Gerindra inginkan kursi Ketua MPR demi tunjukan keseimbangan politik

Sekjen Partai Gerindra Ahmad Muzani. (Dok/ANTARA /Dhemas Reviyanto)

Jakarta (ANTARA) - Ketua Fraksi Partai Gerindra MPR RI Ahmad Riza Patria mengatakan apabila kursi Ketua MPR diperoleh partainya, diyakini akan menunjukkan keseimbangan politik yang cantik dan menggambarkan keberagaman pendapat di Indonesia.

"Apabila Ahmad Muzani menjadi Ketua MPR, maka tampak keseimbangan politik yang cantik, menggambarkan keberagaman pendapat di republik ini. Dengan begitu rekonsiliasi nasional mendapatkan titik awal yang baik," kata Riza Patria dalam keterangannya di Jakarta, Rabu.

Dia mengatakan ada tiga lembaga perwakilan di tingkat nasional yaitu MPR, DPR dan DPD, Ketua DPR otomatis diambil PDI Perjuangan, sedangkan Ketua DPD dimenangkan La Nyala Mattalitti.

Baca juga: Gerindra tunjuk Muzani-Dasco jadi Pimpinan MPR-DPR

Karena itu menurut dia, kalau Ahmad Muzani menjadi Ketua MPR, maka tampak keseimbangan politik yang cantik, menggambarkan keberagaman pendapat di Indonesia.

"Diusungnya Ahmad Muzani untuk menggambarkan kepada seluruh rakyat Indonesia bahwa pasca-Pilpres yang banyak menguras energi lahir dan batin, kini telah tiba masa dimana semua pihak membina kolaborasi politik tanpa meninggalkan check and balances," ujarnya.

Baca juga: Kata Gerindra Ketua MPR tradisinya diserahkan partai penyeimbang

Selain itu dia menjelaskan, mekanisme pemilihan Ketua MPR akan dilakukan Kamis (3/10), para calon Ketua MPR berasal dari 10 nama yang diusulkan oleh fraksi/kelompok DPD.

Dia berharap para pimpinan partai politik bersama-sama dengan DPD RI mengusahakan kesepakatan musyawarah mufakat dan bermufakat agar Ahmad Muzani menjadi Ketua MPR.

Pewarta: Imam Budilaksono
Editor: Yuniardi Ferdinand
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Gerindra dan PKS tanggapi positif pernyataan Presiden soal bajak momentum krisis

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar