Liga Spanyol

Martin Odegaard, bintang muda yang bersinar di Liga Spanyol

Martin Odegaard, bintang muda yang bersinar di Liga Spanyol

Gelandang serang Sociedad Martin Odegaard (kiri) berusaha merebut penguasaan bola dari pemain Atletico Madrid dalam lanjutan Liga Spanyol di Stadion Reale Arena, San Sebastian, Sabtu (14/9/2019). (ANTARA/REUTERS/Vincent West)

Jakarta (ANTARA) - Bintang Real Sociedad Martin Odegaard menunjukkan performa yang makin bersinar selama berkiprah di Liga Spanyol. Dunia pun bertepuk tangan karena atmosfer sepak bola bakal disesaki dengan talenta muda berbakat.

Odegaard yang masih berusia 20 tahun menorehkan prestasi yang terus menunjukkan grafik meningkat setelah merapat bersama kubu San Sebastian.

Odegaard masih berstatus pinjaman dari Real Madrid sejak musim panas lalu. Ia menyabet penghargaan sebagai pemain terbaik bulanan di Liga Spanyol.

Gol dan assist Odegaard mampu mendongkrak posisi Real Sociedad ke puncak klasemen Liga Spanyol pada pekan ini.

Siapa Odegaard? Ia dilahirkan pada Desember 1998, di Drammen, Norwegia. Setelah masuk klub lokal Stromgodset, ia menjadi pemain termuda yang bermain pada divisi teratas Norwegia. Saat itu usianya masih 15 tahun. Ia membukukan prestasi sebagai pencetak gol termuda di Tippeligaen dan pemain internasional senior termuda di Norwegia.

Odegaard kemudian hengkang ke Real Madrid. Pada Mei 2015, dia menjadi debutan termuda Madrid - saat itu ia masih berusia 16 tahun dan 157 hari - ketika menggantikan Cristiano Ronaldo dalam pertandingan melawan Getafe yang diadakan di Santiago Bernabeu.

Persaingan di Real Madrid demikian kompetitif. Odegaard bermain 58 kali bagi klub muda Castilla sebelum bergabung dengan tim Belanda SC Heerenveen selama 18 bulan pada Januari 2017.

Baca juga: Cari pengganti David Silva, Manchester City incar Martin Odegaard

Ia kemudian kembali ke Liga Belanda dengan menghabiskan waktu bersama Vitesse Arnhem.

Pada musim panas, dia kembali membela Real Madrid. Klub papan atas Liga Spanyol itu juga mendatangkan pemain muda asal Skandinavia Alexander Isak dan bek Prancis Modibo Sagnan.

Odegaard banyak kali menempati posisi gelandang serang. Ia memiliki kemampuan ciamik dalam melepas umpan, bahkan menunjukkan diri sebagai pemain yang pantang menyerah. Peran ini demikian menonjol justru saat ia masih berusia muda, sebagaimana dikutip dari laman givemesport.

Pada Oktober ini, saat jeda internasional, Odegaard akan menambah 20 caps seniornya bersama timnas Norwegia di babak kualifikasi Euro 2020 saat melawan Spanyol dan Rumania.

Kiprah Odegaard masih diharapkan dan dinantikan bagi kubu Real Madrid yang bakal menghadapi pertandingan melawan Real Betis, RC Celta dan Levante.

Odegaard terikat kontrak dengan Real Madrid hingga 2022.

Baca juga: Martin Odegaard siap datang jika Mesut Ozil terdepak dari Arsenal

 

Pewarta: AA Ariwibowo
Editor: Jafar M Sidik
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar