Kualifikasi Piala Eropa 2020

Austria permalukan Slovenia demi perbesar asa lolos

Austria permalukan Slovenia demi perbesar asa lolos

Bek tim nasional Austria Stefan Posch (kanan atas) menyundul bola untuk mencetak gol ke gawang Slovenia dalam laga lanjutan Grup G Kualifikasi Piala Eropa 2020 di Stadion Stozice, Ljubljana, Slovenia, Minggu (13/10/2019) setempat. (ANTARA/REUTERS/Borut Zivulovic)

Jakarta (ANTARA) - Tim nasional Austria mempermalukan tuan rumah Slovenia dan memetik kemenangan 1-0 dalam laga lanjutan Grup G Kualifikasi Piala Eropa 2020 di Stadion Stozice, Ljubljana, Minggu setempat (Senin WIB), demi memperbesar asa lolos ke putaran final.

Bek Stefan Posch jadi pencetak gol semata wayang penentu kemenangan Austria dalam laga tersebut, demikian catatan laman resmi UEFA.

Kemenangan itu membuat Austria menduduki posisi kedua dengan koleksi 16 poin dan unggul lima poin dari Makedonia Utara (11) dan Slovenia (11) di bawah mereka.

Keunggulan tersebut jelas menjadi modal besar menjelang dua pertandingan tersisa pada November mendatang, demi menyusul Polandia (19) yang sudah lebih dulu lolos ke putaran final dari Grup G.

Baca juga: Polandia lolos ke putaran final setelah bungkam Makedonia Utara

Austria tampil cukup dominan meski tampil di kandang Slovenia dengan memiliki 54 persen penguasaan bola dan melepas 12 percobaan tembakan yang empat di antaranya menemui sasaran.

Setelah peluang Michael Gregoritsch pada menit ke-13 masih bisa diselamatkan kiper Jan Oblak, Austria membuka keunggulan delapan menit berselang lewat tandukan Posch dalam situasi sepak pojok.

Tuan rumah berusaha membalas namun tembakan jarak jauh Jasmin Kurtic masih bisa ditepis kiper Cican Stankovic pada menit ke-29.

Tiga menit jelang turun minum Austria hampir menggandakan keunggulannya lewat Gregoritshc namun kali ini Oblak mampu menyelamatkan gawangnya.

Austria tetap tampil agresif pada babak keuda namun dua peluang awal mereka lewat Konrad Laimer dan Marcel Sabitzer masih melenceng dari sasaran.

Gregoritsch kembali memperoleh peluang pada menit ke-60 namun tandukannya kembali berhasil dimentahkan Oblak.

Sebaliknya bagi Slovenia mereka menciptakan peluang lagi pada menit ke-87 lewat Josip Ilicic yang melepaskan tembakan dari luar kotak penalti namun bola mengarah tepat ke pelukan Stankovic.

Frustrasi yang mendera Slovenia mempengaruhi Denis Popovic yang menerima kartu merah akibat tindakan kasarnya, sekaligus memudahkan tugas Austria menjaga keunggulan hingga peluit tanda laga usai berbunyi.

Austria selanjutnya akan menjamu Makedonia Utara dan bertandang ke Latvia di dua laga terakhir, sedangkan Slovenia wajib mengamankan enam poin penuh saat menjamu Latvia dan bertamu ke Polandia jika ingin lolos.

Baca juga: Bale selamatkan Wales dari kekalahan kontra Kroasia

Baca juga: Jerman cuma butuh 10 pemain untuk pecundangi Estonia


Susunan pemain:

Slovenia (4-4-1-1): Jan Oblak; Petar Stojanovic, Aljaz Struna, Miha Mevlja, Jure Balkovec; Roman Bezjak (Miha Zajc), Rene Krhin (Denis Popovic), Jasmin Kurtic, Benjamin Verbic (Robert Beric); Josip Ilicic; Andraz Sporar
Pelatih: Matjaz Kek

Austria (4-2-3-1): Cican Stankovic; Stefan Posch, Aleksandar Dragovic, Martin Hinteregger, Andreas Ulmer; Stefan Ilsanker, Julian Baumgartlinger; Valentino Lazaro (Christopher Trimmel), Marcel Sabitzer (Florian Kainz), Konrad Laimer; Michael Gregoritsch (Karim Onisiwo)
Pelatih: Franco Foda

Baca juga: Hasil Grup I: Belgia lolos didampingi Rusia, Skotlandia ke playoff
 

Penerjemah: Gilang Galiartha
Editor: AA Ariwibowo
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar