200 desa di Garut dikembangkan jadi destinasi wisata

200 desa di Garut dikembangkan jadi destinasi wisata

Candi Cangkuang di kawasan objek wisata Situ Cangkuang, Kecamatan Leles, Kabupaten Garut, Jawa Barat.(ANTARA/Feri Purnama)

Di desa wisata itu ada bermacam-macam wisata, ada wisata alam dan wisata buatan
Garut (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Garut, Jawa Barat, siap mengembangkan 200 desa tersebar di sejumlah kecamatan untuk menjadi destinasi wisata menarik yang mampu memberikan kesejahteraan bagi masyarakat desa.

"Kita memiliki potensi pertanian dan pariwisata yang nanti ada pengembangan 200 desa wisata sebagai tujuan wisata ke Garut," kata Bupati Garut Rudy Gunawan kepada wartawan di Garut, Minggu.

Ia menuturkan, Kabupaten Garut memiliki potensi pariwisata yang menarik untuk dikunjungi sehingga perlu mendapatkan perhatian pemerintah dalam pengembangannya.

Seperti 200 desa wisata di Garut, kata dia, memiliki beragam wisata yang menarik mulai dari wisata alam yang menyuguhkan keindahan, dan kesejukan alam maupun objek wisata buatan seperti kebun binatang di Cikembulan, Kecamatan Kadungora.

Baca juga: Sejumlah desa di Garut kembangkan wisata arung jeram
Baca juga: Taman Watu Blencong masuk 28 besar Desa Wisata Nusantara
Baca juga: Berwisata menyusuri desa penghasil "Rojo Lele"


"Di desa wisata itu ada bermacam-macam wisata, ada wisata alam dan wisata buatan misalkan di Desa Cikembulan ada taman satwa," katanya.

Ia menyampaikan, bentuk perhatian pemerintah dalam mendukung pengembangan desa wisata yaitu memperbaiki infrastruktur jalan dan penunjang lainnya untuk kenyamanan wisatawan.

Anggaran yang siap direalisasikan, kata dia, salah satunya untuk desa wisata di Cikembulan akan mendapatkan perbaikan jalan dan lahan parkir kendaraan untuk wisatawan.

"Ada dana yang disiapkan Rp3 miliar agar jalannya bagus, anggarannya nanti 2020, kami juga akan mencoba membuat lahan parkir," katanya.

Sementara itu, desa wisata yang sudah cukup berkembang di Kabupaten Garut di antaranya wisata Desa Ciburial di Kecamatan Samarang, Desa Wisata Kampung My Darling di Kecamatan Cilawu dan sejumlah desa lainnya dengan potensi keunggulannya masing-masing.

Baca juga: Desa di Sumba Barat gunakan Dana Desa untuk kelola wisata kampung adat
Baca juga: Desa wisata Serang Purbalingga terus intensifkan promosi digital

Pewarta: Feri Purnama
Editor: Subagyo
COPYRIGHT © ANTARA 2019

PLN bangun jembatan pelangi wisata hutan Pelawan

Komentar