Piala Dunia Rugby

Afsel singkirkan Jepang, Wales menang tipis atas Prancis

Afsel singkirkan Jepang, Wales menang tipis atas Prancis

Pemain scrum half Afrika Selatan Faf de Klerk (kanan) mencetak try dalam pertandingan perempat final Piala Dunia Rugby 2019 melawan Jepang, di Stadion Tokyo, Jepang, Minggu (20/10/2019) malam WIB. (ANTARA/AFP/KAZUHIRO NOGI)

Jakarta (ANTARA) - Afrika Selatan (Afsel) menyingkirkan tuan rumah Jepang pada perempat final Piala Dunia Rugby, sementara itu Wales meraih kemenangan tipis atas Prancis untuk mengamankan langkah ke semifinal dalam pertandingan-pertandingan yang dimainkan pada Minggu malam WIB.

The Springboks memukul Jepang dengan kemenangan 26-3, sementara itu Wales unggul 20-19 atas Prancis, demikian dilansir laman resmi turnamen.

Dengan hasil ini Wales akan bertemu Afsel di semifinal pada 27 Oktober, sedangkan sehari sebelumnya semifinal lain akan menampilkan Inggris melawan Selandia Baru.

Dua try dari pemain wing Afsel Makazola Mapimpi mematahkan hati kubu Brave Blossoms pada laga yang dimainkan di Stadion Tokyo, ia mencetak kedua try tersebut pada masing-masing babak. Sedangkan satu try lagi bagi Afsel dibukukan Faf de Klerk.

Poin-poin tambahan bagi Afsel didapat dari satu konversi Handre Pollard, serta tiga penalti Pollard pada babak kedua. Sedangkan Jepang hanya mampu mencetak poin dari penalti Yu Tamura pada babak pertama.

Meski kalah, pelatih Jepang Jamie Joseph mengaku cukup puas dengan pencapaian anak-anak asuhnya.

Baca juga: Jepang tembus perempat final Piala Dunia Rugby untuk pertama kalinya

"Kami benar-benar bangga dengan apa yang telah kami capai di Piala Dunia," kata Joseph seperti dikutip AFP.

"Saya merasa kecewa untuk para pemain karena mereka memberikan banyak hal kepada grup dan mereka memberikan banyak hal untuk negaranya," tambahnya.

Bagi Afsel, ini merupakan kelima kalinya mereka mencapai semifinal Piala Dunia Rugby. Sedangkan catatan khusus lain dari laga ini, dengan total 29 poin, ini merupakan pertandingan perempat final dengan skor paling sedikit sepanjang Piala Dunia Rugby 2019.

Moriarty penentu kemenangan Wales

Pada laga yang dimainkan sebelumnya di Stadion Oita, Wales memastikan langkah ke semifinal berkat try yang dibukukan Ross Moriarty enam menit sebelum pertandingan usai.

Prancis unggul 19-10 saat babak pertama usai berkat try-try yang dicetak Sebastien Vahaamahina, Charles Ollivon, dan Virimi Vakatawa. Mereka juga mendapat dua konversi dari Romain Ntamack.

Sementara poin-poin Wales didapat dari try Aaron Wainwright, konversi dan penalti Dan Biggar.

Baca juga: Wales kalahkan Fiji untuk rebut tiket delapan besar

Tetapi Prancis harus kehilangan Vahaamahina yang mendapat kartu merah akibat menyikut Wainwright pada awal babak kedua. Setelah itu Wales lebih leluasa mengembangkan permainan, dan membalikkan kedudukan melalui penalti Biggar, try Moriarty, serta konversi dari Biggar.

Penerjemah: A Rauf Andar Adipati
Editor: AA Ariwibowo
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Kreasikan batik dengan motif ornamen Jepang

Komentar