'Boarding bridge' sudah diakui secara internasional dan diharapkan dapat terus berlanjut
Jakarta (ANTARA) - Lembaga Pembiayaan Ekspor Indonesia (LPEI) atau Indonesia Eximbank mendukung pembiayaan PT Bukaka Teknik Utama Tbk untuk ekspor garbarata (boarding bridge), yang akan dimanfaatkan untuk layanan di Bandara Don Mueang, Bangkok, Thailand.

Direktur Pelaksana I LPEI Dikdik Yustandi dalam pernyataan yang diterima di Jakarta, Selasa, mengatakan dukungan pembiayaan ini telah menghasilkan komitmen senilai 7,5 juta dolar AS untuk penjualan 33 unit garbarata antara PT Bukaka Teknik Utama dengan M-Solutions Co. Ltd-Airport of Thailand.

"Penandatanganan kontrak ini membuktikan bahwa produk buatan Indonesia yang dalam hal ini adalah boarding bridge sudah diakui secara internasional dan diharapkan dapat terus berlanjut," ujar Dikdik yang ikut hadir dalam penandatanganan kontrak yang berlangsung di Bangkok, Thailand.

Baca juga: Eximbank siap bantu eksportir sasar negara non tradisional

Ia mengatakan LPEI sebagai lembaga keuangan khusus yang dibentuk pemerintah untuk peningkatan ekspor menyatakan komitmen untuk mendukung PT Bukaka Teknik Utama Tbk baik dari sisi pembiayaan, penjaminan, asuransi maupun jasa konsultansi dalam rangka ekspor.

PT Bukaka Teknik Utama Tbk merupakan perusahaan konstruksi yang menghasilkan garbarata, jembatan, dan infrastruktur lain penunjang pertambangan.

Garbarata merupakan produk unggulan ekspor Bukaka Teknik dengan negara tujuan ekspor antara lain Jepang, India dan Thailand.

PT Bukaka Teknik Utama Tbk merupakan satu-satunya produsen garbarata yang ada di Indonesia dan termasuk dalam lima produsen terbesar garbarata yang ada di dunia.

Saat ini, seluruh boarding bridge bandara yang berada di bawah supervisi PT Angkasa Pura merupakan hasil produksi PT Bukaka Teknik Utama Tbk.

Indonesia Eximbank sebagai salah satu special mission vehicles Kementerian Keuangan untuk peningkatan ekspor, telah mendukung PT Bukaka Teknik Utama Tbk sejak 2014 baik dari sisi pembiayaan maupun penjaminan.

Pembiayaan yang diberikan oleh LPEI antara lain untuk modal kerja operasional perusahaan, pembelian bahan baku dan pembangunan infrastruktur penunjang ekspor.

Sedangkan penjaminan diberikan untuk jaminan penawaran, pelaksanaan, uang muka, pemeliharaan, counter guarantee dan/atau jaminan lainnya untuk proyek-proyek infrastruktur berorientasi serta menunjang ekspor.

Sementara itu, fasilitas pembiayaan yang diberikan LPEI untuk ekspor 33 unit garbarata ke Thailand mencapai Rp2,26 triliun.

Baca juga: Produk garbarata Indonesia diakui dunia

Pewarta: Satyagraha
Editor: Kelik Dewanto
Copyright © ANTARA 2019