Ketua KPU: Medan harus jadi kiblat pilkada di Tanah Air

Ketua KPU: Medan harus jadi kiblat pilkada di Tanah Air

Ketua KPU RI Arief Budiman saat menghadiri lounching pilkada Medan yang digelar di Merdeka Walk Selasa malam (ANTARA/Juraidi)

Medan (ANTARA) - Ketua Komisi Pemilihan Umum RI Arief Budiman menyampaikan harapan Kota Medan mampu menjadi kiblat pelaksanaan pilkada terbaik di Indonesia yang menurut rencana digelar 23 September 2020.

Harapan itu ia sampaikan saat menghadiri Launching Pilkada Medan 2020 di Merdeka Walk, Medan, Selasa malam.

Baca juga: KPU Sleman tunggu aturan batasan usia kontestan Pilkada 2020

Ia mengatakan, pihaknya juga memberikan apresiasi kepada KPU Medan yang telah melakukan meluncurkan pilkada lebih dulu dari kota dan kabupaten lainnya yang juga akan menggelar Pilkada.

“Saya sangat mengapresiasi, KPU Medan menjadi yang pertama melaksanakan launching Pilkada se-Indonesia,” katanya.

Menjadi kiblat pelaksanaan Pilkada terbaik menurutnya bukanlah pekerjaan yang mudah. Tingginya tensi politik dan tarik menarik kepentingan membuat penyelenggara Pilkada dituntut untuk mampu bekerja dengan baik.

“Saya punya tiga kiat agar pilkada Medan berjalan baik yakni transparansi, berintegritas dan profesional,” ujarnya

Ia menjabarkan kiat pertama yakni transparan yang menurutnya menjadi sebuah keniscayaan agar masyarakat mudah mengakses seluruh informasi di KPU.

Informasi ini mulai data pemilih, transparansi anggaran hingga transparansi sola hasil perolehan suara.

Baca juga: Bawaslu nilai konsolidasi demokrasi lebih matang pada Pilkada 2020

Kemudian yang kedua yakni berintegritas. Sebagai penyelenggara, integritas anggota KPU Medan wajib dijaga. Dengan demikian masyarakat akan percaya terhadap kinerja mereka.

“Ketiga yakni bekerjalah dengan profesional. Pahami pekerjaan dan lakukan dengan baik. Seluruh pekerjaan harus dilakukan dengan baik hingga tuntas. Untuk itu persiapkan diri anda agar mampu melakukannya dengan baik,” katanya.

Sebelumnya Ketua KPU Medan Agussyah Ramadani Damanik dalam kesempatan itu mengatakan launching tersebut sebagai tanda bahwa pihaknya mulai fokus kembali mempersiapkan penyelenggaraan Pemilihan Wali Kota-Wakil Wali Kota Medan 2020.

"Ini menjadi sebuah tanda bahwa KPU betul-betul harus mulai fokus untuk menyelenggarakan Pilkada mendatang. Dimulai dengan tahapan persiapan, anggaran, SDM, sosialisasi, dan sebagainya harus dipersiapkan," katanya.

Lebih lanjut ia mengatakan launching kali ini memang didesain dengan sederhana dan ditempat terbuka dengan tujuan agar masyarakat luas tahu tentang adanya Pilkada yang pada kahirnya diharapkan angka partisipasi lebih meningkat.

Lounhing ini adalah momentum bagi semua pihak untuk lebih mensukseskan pilkada yang akan digelar pada 23 September 2020 secara serentak di sejumlah kabupaten dan kota di seluruh Indonesia.

"Ini adalah awal bagi kita smeua bahwa kita siap menggelar Pilkada dengan baik nantinya dan yang lebih penting lagi adalah angka partisipasi masyarakat semakin meningkat. KPU Pusat selalu mengingatkan kami bahwa persiapan itu penting dan harus ada target-targetnya. Itu yang menjadi pedoman kami dalam bekerja demi suksesnya Pilkada nanti," katanya.


Baca juga: DPC PDIP persilakan Gibran jika daftar DPD/DPP
Baca juga: KPU Medan melaunching Pilkada Medan 2020
 

Pewarta: Juraidi
Editor: Tasrief Tarmizi
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Ketua KPU nilai regulasi e-rekapitulasi mendesak

Komentar