Jakarta (ANTARA) - Sekjen Persatuan Bulu Tangkis Seluruh Indonesia (PBSI) Achmad Budiharto meminta kepada Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) yang baru dilantik Zainudin Amali agar memberikan perhatian khusus terhadap cabang olahraga bulu tangkis.

“Pertama-tama, kami mengucapkan selamat bertugas kepada Menpora yang baru dilantik hari ini. Kepada Menpora baru, kami berharap agar olah raga bulu tangkis mendapatkan perhatian atau bantuan khusus,” kata Budi kepada Antara di Jakarta, Rabu.

Menurut dia, perhatian atau bantuan khusus yang dimaksud itu bukan hanya berupa dana atau anggaran, tetapi juga fasilitas berupa peralatan latihan fisik yang dibutuhkan oleh seluruh atlet demi peningkatan prestasi.

“Perhatian atau bantuan khusus itu bisa berupa peralatan seperti shuttlecock, peralatan latihan fisik dan juga anggaran. Kalau anggaran bisa digunakan untuk try out, nutrisi sekaligus vitamin atlet, karena nutrisi dan vitamin-vitamin atlet itu harganya lumayan mahal,” ujar Budi.

Lebih lanjut, dia menuturkan perhatian khusus itu harus diberikan mengingat ada dua perhelatan besar yang akan dihadapi dalam waktu dekat, yaitu SEA Games 2019 di Filipina dan Olimpiade Tokyo 2020.

“Terutama menjelang Olimpiade 2020, kami berharap Menpora bisa memberikan perhatian kepada cabang-cabang olahraga yang akan dipertandingkan di Olimpiade itu nanti, termasuk bulu tangkis. Apalagi bulu tangkis merupakan salah satu cabang olahraga yang prestasinya sudah mendunia,” tutur Budi.

Sementara itu, senada dengan Budi, pelatih Kepala ganda putra PBSI Herry Iman Pierngadi juga meminta kepada Menpora baru agar dana untuk cabang olah raga bulu tangkis ditingkatkan dan Pelatnas harus sering ditinjau secara bertahap.

“Pelatnas-pelatnas cabang olah raga harus ditinjau secara bertahap, jangan hanya di awal menjabat saja. Dana olah raga juga ditingkatkan dan kesejahteraan para pelatih juga harus diperhatikan,” ungkap Herry.

Dia menambahkan anggaran yang diberikan itu harus disesuaikan dengan kebutuhan dan prestasi masing-masing cabang olahraga. Dengan begitu, diharapkan bisa lebih memajukan cabang-cabang olahraga yang belum berprestasi.

Baca juga: Menpora diharapkan langsung koordinasi dengan induk cabang olahraga

Baca juga: Tugas berat Menpora bangkitkan olahraga Indonesia


Pewarta: Rr. Cornea Khairany
Editor: Aris Budiman
Copyright © ANTARA 2019