Piala Libertadores

Flamengo hancurkan Gremio untuk melaju ke final Copa Libertadores

Flamengo hancurkan Gremio untuk melaju ke final Copa Libertadores

Penyerang Flamengo Gabriel Barbosa merayakan kemenangan timnya atas Gremio dalam pertandingan leg kedua Piala Libertadores yang dimainkan di Stadion Maracana, Rio de Janeiro, Brazil, Rabu (23/10/2019) waktu setempat. (ANTARA/AFP/MAURO PIMENTEL)

Jakarta (ANTARA) - Flamengo menghancurkan sesama klub Brasil Gremio dengan skor 5-0 untuk melaju ke final Copa Libertadores pada semifinal leg kedua yang berlangsung di Stadion Maracana Kamis pagi WIB.

Kelima gol Flamengo tersebut dibukukan oleh Bruno Henrique (42'), Gabriel Barbosa (46', Pen 56'), Pablo Mari (67'), dan Rodrigo Caio (71'). Pada pertandingan final, mereka akan bertemu wakil Argentina sekaligus juara bertahan River Plate.

Hasil itu melengkapi kemenangan agregat 6-1 sang raksasa Rio de Janeiro atas juara 2017.

Baca juga: River Plate capai final Copa Libertadores dua musim beruntun

"Saya ingin berterima kasih kepada para pemain untuk impian ini, yang telah dinantikan oleh Flamengo dan para penggemarnya untuk kurun waktu yang lama," kata pelatih Flamengo Jorge Jesus seperti dilansir AFP.

"Kami senang dapat berada di final. Mencapai final merupakan hal penting, namun memenanginya lebih penting lagi," tambahnya.

Gremio mendapatkan peluang bersih pertama pada menit ke-18 ketika Everton membuka jalan ke kotak penalti dan mengirim umpan silang. Bola kiriman Everton gagal dimaksimalkan Maicon yang hanya mengarahkan bola ke arah kiper lawan.

Sejak itu Flamengo mendominasi permainan. Rafinha mengirimkan umpan silang dari sisi kanan yang disambut sundulan melebar Henrique. Giorgian de Arrascaeta berusaha mencungkil bola melewati kiper Gremio Paulo Victor, yang dapat menepisnya. Bola kemudian disambut tendangan spekulatif Gabriel yang hanya melambung di depan mulut gawang.

Kebuntuan baru pecah pada menit ke-42. Gabriel mendapatkan ruang dengan berlari diagonal, dan Victor menepis sepakannya ke arah pergerakan Henrique yang dengan mudah meneruskannya ke gawang.

Baca juga: Fans Flamengo ditahan karena rencana rusuh di Copa Libertadores

Saat babak kedua baru bergulir semenit, Flamengo menggandakan keunggulan. Gabriel melepaskan sepakan menembus gawang Gremio setelah para pemain bertahan lawan membuang bola tendangan bebas dengan buruk.

Flamengo mendapatkan hadiah penalti dari wasit pada menit ke-56, ketika Geromel melanggar Henrique di kotak terlarang. Gabriel yang bertindak sebagai eksekutor sukses mengecoh kiper Gremio.

Gol tersebut sekaligus menjadikan Gabriel sebagai pemain tersubur pada Copa Libertadores musim ini dengan koleksi tujuh gol.

Tim tuan rumah melengkapi kemenangan mereka melalui dua gol dari situasi bola mati pada menit ke-67 dan 71 melalui dua bek tengahnya, Mari dan Caio.

Susunan pemain seturut laman resmi CONMEBOL:

Flamengo (4-2-3-1): Diego Alves, Rafinha, Rodrigo Caio, Pablo Mari, Filipe Luis, Willian Arao, Gerson (Diego 87'), Everton Ribeiro, Giorgian De Arrascaeta (Robert Piris 68'), Bruno Henrique (Vitinho 74'), Gabriel Barbosa

Gremio (4-3-3): Paulo Victor, Paulo Miranda, Pedro Geromel, Kannemann, Bruno Cortez, Mattheus Henrique, Michel, Maicon (Diego Tardelli 63'), Alisson (Thaciano 76'), Andre (Pepe 58'), Everton

Pewarta: A Rauf Andar Adipati
Editor: Fitri Supratiwi
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar