Jakarta (ANTARA) - Wakil Ketua DPR RI Azis Syamsuddin menyakini Komjen Polisi Idham Aziz berkompeten menjadi Kapolri menggantikan Jenderal Polisi Tito Karnavian.

"Beliau (Komjen Idham Aziz) kompeten dalam mengemban jabatan tersebut," kata Azis, Wakil Ketua DPR RI Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Korpolkam), di Jakarta, Kamis.

Azis meyakini kinerja Polri akan lebih baik di bawah kepemimpinan Idham Aziz.

Ia mengatakan bahwa Komisi III DPR akan segera menindaklanjuti surat Presiden Jokowi terkait dengan penunjukan Komjen Pol. Idham Aziz sebagai calon tunggal Kapolri.

Baca juga: DPR terima surat presiden terkait Idham Aziz pengganti Tito

Baca juga: Lemkapi: Idham Aziz sebagai calon Kapolri tunjukkan regenerasi Polri


Menurut dia, Idham Aziz akan segera menjalani uji kelayakan setelah anggota Komisi III DPR terbentuk.

"Setelah Komisi III DPR dibentuk, akan segera dilakukan proses uji kelayakan dan kepatutan terhadap Komjen Pol. Idham Aziz," ujarnya.

Sebelumnya, Presiden Jokowi mengirim surat permintaan persetujuan DPR terhadap rencana pengangkatan Komjen Pol. Idham Aziz sebagai Kapolri pada tanggal 22 Oktober 2019.

Dalam surat itu disebutkan bahwa Komjen Pol. Idham Aziz dinilai mampu dan cakap serta memenuhi syarat untuk diangkat sebagai Kapolri.

Idham saat ini menjabat Kabareskrim Mabes Polri, diusulkan menggantikan Jenderal Tito Karnavian yang sudah menjabat Menteri Dalam Negeri (Mendagri).

Baca juga: IPW: Tito Karnavian jadi Mendagri penghargaan buat Korps Bhayangkara

Pewarta: Imam Budilaksono
Editor: D.Dj. Kliwantoro
Copyright © ANTARA 2019