Surabaya (ANTARA) - Pemerintah Kota Surabaya, Jatim, menyiapkan lima stadion atau lapangan sepakbola pendukung setelah Indonesia dinyatakan resmi dipilih menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20 pada 2021.

"Saya ucapkan puji syukur kepada Tuhan YME karena mengabulkan keinginkan saya untuk membanggakan anak-anak Surabaya yang sangat ingin Surabaya menjadi tuan rumah U-20," kata Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini, di Surabaya, Kamis sore.

Diketahui dari 10 stadion di Indonesia yang diajukan sebagai venue pertandingan Piala Dunia U-20, salah satunya adalah stadion Gelora Bung Tomo (GBT) Surabaya.

Baca juga: Menpora tunggu laporan PSSI soal tuan rumah Piala Dunia U20

Menurut dia, Pemkot Surabaya menyatakan telah mempersiapkan diri agar Stadion GBT terpilih menjadi salah satu venue pertandingan. Selain memperbaiki GBT, pemkot juga mempersiapkan lima lapangan pendukung sebagai training centre.

Lima stadion yang disiapkan tersebut yakni stadion Gelora 10 November, Karanggayam, Lakarsantri, Sambikerep dan Sememi. Menurut Risma, kelima stadion tersebut akan dipermak menjadi stadion pendamping yang bertaraf internasional, seperti halnya stadion harus ada penutupnya.

"Dua dari lapangan pendamping itu sudah ada penutupnya, tinggal menyiapkan lapangan yang lain. Kami juga sedang menata lapangan Karanggayam," katanya.

Ia menjelaskan dalam tahap persiapan ini Pemkot Surabaya melakukan komunikasi dengan PSSI Jatim. Hal tersebut berkaitan untuk melengkapi fasilitas apa lagi yang harus ada sebagai tuan rumah.

Baca juga: Presiden apresiasi Indonesia jadi tuan rumah Piala Dunia U-20

"Bu Sekjen (Sekjen PSSI Ratu Tisha) kan sudah menjelaskan detil sekali. Nanti Bu Sekjen mungkin akan datang lagi dan memberi tahu ini kurangnya apa saja," katanya.

Meski demikian, Wali Kota Risma menyatakan secara umum pihaknya sudah mengetahui fasilitas seperti apa yang dibutuhkan misalnya ruang ganti pemain, toilet, lampu stadion dan lainnya. "Bu Sekjen sudah menjelaskan itu semua ke kami," kata Risma.

Diketahui ada 10 stadion di 10 kota di Indonesia yang akan diusulkan menjadi venue pertandingan di antaranya Stadion GBT Surabaya, Stadion Manahan Solo, Stadion Mandala Krida Jogjakarta dan Stadion Jakabaring Palembang.

Selain itu Stadion Gelora Bung Karno Jakarta, Stadion Jalak Harupat Bandung, Stadion Pakansari Bogor, Stadion Patriot Bekasi, Stadion Kapten I Wayan Cipta Gianyar Bali dan Stadion Wibawa Mukti Cikarang.

Baca juga: Indonesia resmi jadi tuan rumah Piala Dunia U-20 2021

Pewarta: Abdul Hakim
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2019