Jakarta (ANTARA) - Bayern memukul Borussia Dortmund empat gol tanpa balas dalam laga Der Klassiker Liga Jerman yang dimainkan di Allianz Arena, Munich, Minggu dini hari WIB.

Kemenangan Bayern pada laga itu membawa mereka naik ke peringkat ketiga dengan 21 poin, sedangkan Dortmund kini harus menghuni peringkat kelima dengan 19 poin, demikian dilansir laman resmi Liga Jerman. 

Baca juga: Leipzig lompat ke peringkat kedua setelah taklukkan Hertha

Kiper Dortmund Roman Buerki sudah harus bekerja keras sejak awal, ketika ia harus keluar dari sarangnya untuk menggagalkan peluang Robert Lewandowski, beberapa saat pertandingan baru dimulai.
​​​​​
Dortmund mengancam secara spodaris melalui kedua sektor sayapnya, namun sang juara bertahan tampil gigih saat menyerang dan memetik keunggulan pada menit ke-17. Umpan silang Serge Gnabry yang disapu barisan pertahanan Dortmund jatuh ke penguasaan Benjamin Pavard, yang menyodorkan bola untuk ditanduk mantan penyerang Dortmund, Lewandowski.

Mantan bek Bayern, Mats Hummels, manyapu bola sepakan Kingsley Coman sebelum melewati garis gawang, sebelum Gnabry mengemas gol yang tidak disahkan karena offside.

Pelatih Dortmund Lucien Favre mengganti Jadon Sancho dengan Raphael Guerreiro saat babak pertama menyisakan sepuluh menit, sebelum Axel Witsel melepaskan tembakan terakhir sebelum turun minum yang tidak berbuah gol.

Babak kedua baru berusia dua menit saat Javi Martinez merepotkan pertahanan Dortmund dengan mengirim umpan panjang tertuju kepada Thomas Mueller, yang berlari kencang dan mengirim umpan silang kepada Lewandowski. Penyerang Polandia itu gagal menyambarnya namun Gnabry berada di posisi yang tepat untuk menyambut bola liar dan menggandakan keunggulan Bayern.

Pemain pengganti Dortmund Paco Alcacer menyia-nyiakan peluang bagus untuk memperkecil ketertinggalan, dan harus membayarnya ketika Mueller mengirimkan umpan kepada Lewandowski untuk mengemas gol keduanya di laga ini sekaligus gol ke-16nya di liga musim ini.

Hummels melengkapi penderitaan timnya ketika ia keliru mengantisipasi umpan silang mendatar Ivan Perisic untuk membuat bola masuk ke gawangnya sendiri pada menit ke-80. Bayern empat, Dortmund nol.

Susunan pemain seturut laman resmi Liga Jerman:

Bayern Munich (4-3-3): Manuel Neuer, Benjamin Pavard, Javi Martinez, David Alaba, Alphonso Davies, Joshua Kimmich, Leon Goretzka (Thiago 72'), Serge Gnabry (Philippe Coutinho 69'), Thomas Mueller, Kingsley Coman (Ivan Perisic 75'), Robert Lewandowski.

Borussia Dortmund (4-2-3-1): Roman Buerki, Achraf Hakimi, Manuel Akanji, Mats Hummels, Nico Schulz, Axel Witsel, Julian Weigl (Paco Alcacer 61'), Jadon Sancho (Raphael Guerreiro 36'), Julian Brandt, Thorgan Hazard, Mario Goetze (Marco Reus 61')

Baca juga: Hertha buat replika tembok Berlin untuk peringati 30 tahun keruntuhan

Baca juga: Presiden Bayern Munchen akan kenalkan pelatih baru tiga pekan lagi

Pewarta: A Rauf Andar Adipati
Editor: Dadan Ramdani
Copyright © ANTARA 2019