Pasar saham Australia berakhir di level tertinggi tiga bulan

Pasar saham Australia berakhir di level tertinggi tiga bulan

Ilustrasi - Pasar Saham, Bursa Efek dengan bendera Australia.ANTARA/Shutterstock/pri (Shutterstock)

Sydney (ANTARA) - Pasar saham Australia berakhir di level tertinggi tiga bulan pada perdagangan Senin, dengan lonjakan saham sektor perawatan kesehatan memimpin kenaikan secara luas.

Pada penutupan pasar, indeks acuan S&P/ASX 200 naik 48,40 poin atau 0,72 persen menjadi 6.772,50 poin, sedangkan indeks All Ordinaries yang lebih luas bertambah 43,80 poin atau 0,64 persen menjadi 6.877,00 poin.

Raksasa biomedis Australia CSL membantu mendorong saham layanan kesehatan lebih tinggi, sementara sebagian besar bank di negara itu juga membaik.

Namun, "ANZ Banking Group (ANZ) adalah beban terbesar di pasar ketika memperdagangkan ex-dividen bersama dengan Macquarie (MQG)," kata analis pasar Commsec, Steven Daghlian.

Saham-saham material juga tertekan karena harga-harga komoditas memukul produsen bijih besi Australia. "Penambang bijih besi merosot ... hari ini menyusul penurunan 3,2 persen dalam komoditas pada Jumat lalu."

Di sektor keuangan, bank-bank besar Australia sebagian besar lebih tinggi dengan Commonwealth Bank naik 1,11 persen, National Australia Bank naik 1,41 persen dan Westpac Bank naik 1,31 persen, namun ANZ jatuh 2,55 persen.

Saham pertambangan sebagian besar lebih rendah, dengan BHP turun 0,32 persen, Rio Tinto turun 2,36 persen dan Fortescue Metals jatuh 5,53 persen, namun penambang emas Newcrest naik 1,90 persen.

Produsen minyak dan gas negara itu beragam dengan Oil Search naik 0,27 persen, Santos turun 0,12 persen, dan Woodside Petroleum naik 1,46 persen.

Supermarket terbesar Australia menguat dengan Coles naik 1,25 persen dan Woolworths naik 0,82 persen.

Sementara raksasa telekomunikasi Telstra menguat 0,57 persen, maskapai penerbangan nasional Qantas naik 1,79 persen dan firma biomedis CSL terangkat 3,53 persen.

Baca juga: Saham perawatan kesehatan dorong kenaikan pasar Australia

Baca juga: Saham Australia turun meskipun sektor energi dan teknologi menguat

Penerjemah: Apep Suhendar
Editor: Budi Suyanto
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar