AMAN Indonesia akan selenggarakan Indonesia Peacebuilders Forum 2019

AMAN Indonesia akan selenggarakan Indonesia Peacebuilders Forum 2019

Direktur AMAN Indonesia Ruby Kholifah dalam diskusi yang diadakan di Cikini, Jakarta Pusat, Senin (11/11) (ANTARA/Prisca Triferna)

Kita berharap BNPT mengubah cara berpikir mengubah isu-isu ini
Jakarta (ANTARA) - Asia Muslim Action Network (AMAN) Indonesia akan mengadakan Indonesia Peacebuilders Forum 2019 yang rencananya menjadi platform untuk mendiskusikan pendekatan gender untuk digunakan dalam mencegah dan melawan kekerasan ekstremis, menurut Direktur AMAN Indonesia Ruby Kholifah.

"Sekarang kita ingin fokus untuk melihat sejauh mana gender mainstreaming atau pendekatan gender dipakai pemerintah dan masyarakat sipil dalam rangka bekerja di isu pencegahan dan counter violent extremism," ujar Ruby ketika ditemui dalam diskusi perempuan dan radikalisme di Cikini, Jakarta Pusat pada Senin.

Ruby menyebut bahwa isu gender mainstreaming atau pengarusutamaan gender sebenarnya sudah mendapat pijakan ketika Presiden RI ketiga Abdurrahman Wahid mengeluarkan Instruksi Presiden Nomor 9 Tahun 2000 tentang Pengarusutamaan Gender dalam Pembangunan Nasional sebagai strategi dalam pembangunan yang menghadirkan peran perempuan di segala bidang dan dalam semua level.

Baca juga: Direktur AMAN sebut ada beberapa faktor perempuan jadi pelaku teror

Kebijakan lewat perspektif gender perlu dilakukan untuk karena Indonesia merupakan salah satu negara yang maju dalam isu kontra-terorisme dan mencegah kekerasan ekstremisme dan melihat tren beberapa tahun terakhir di mana perempuan kini menjadi pelaku teror, bukan lagi hanya laki-laki.

"Kami ingin melihat bagaimana keseriusan pemerintah dalam hal mainstreaming gender karena BNPT (Badan Nasional Penanggulangan Terorisme) sendiri warnanya masih kelihatan (dari sisi) security dan laki-laki dalam merespons itu. Kita berharap BNPT mengubah cara berpikir mengubah isu-isu ini," ujar pemenang N-Peace Award 2016 itu.

Selain merespons isu perspektif gender untuk pendekatan pencegahan dan perlawanan terhadap terorisme, Direktur AMAN Indonesia itu berharap Indonesia Peacebuilders Forum 2019 akan mendorong munculnya gagasan dari masyarakat terkait upaya pencegahan terorisme yang lebih masif dan mendorong keterlibatan dalam proses reintegrasi mantan ekstremis yang sudah dideradikalisasi.

Indonesia Peacebuilders Forum 2019 rencananya akan diadakan di Malang, Jawa Timur pada 26-28 November 2019 dan dihadiri oleh praktisi, akademisi, pembuat kebijakan dan sektor swasta.

Baca juga: Direktur AMAN: Perspektif gender perlu dalam penanganan terorisme

Pewarta: Prisca Triferna Violleta
Editor: Zita Meirina
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Calon ibu kota Indonesia aman dari bencana alam

Komentar