Pemkab Malang dorong pelaku usaha wisata tingkatkan pelayanan

Pemkab Malang dorong pelaku usaha wisata tingkatkan pelayanan

Wisatawan menikmati keindahan Pantai Tiga Warna yang terletak di Kecamatan Sumbermanjing Wetan, Kabupaten Malang, Jawa Timur. (ANTARA/HO-Humas Pemerintah Kabupaten Malang)

Dengan adanya penghargaan tersebut, diharapkan menjadi motivasi bagi para pelaku pariwisata untuk meningkatkan pelayanan dan fasilitas yang ada
Malang, Jawa Timur (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Malang, Jawa Timur, mendorong para pelaku usaha sektor pariwisata untuk meningkatkan pelayanan dan fasilitas, melalui pemberian penghargaan Malang Tourism Award.

Kepala Dinas Pariwisata dan kebudayaan Kabupaten Malang Made Arya Wedhantara mengatakan bahwa, pemberian penghargaan dalam Malang Tourism Award tersebut, ditujukan kepada pelaku pariwisata yang mampu mewujudkan iklim kondusif sektor pariwisata di Kabupaten Malang.

"Dengan adanya penghargaan tersebut, diharapkan menjadi motivasi bagi para pelaku pariwisata untuk meningkatkan pelayanan dan fasilitas yang ada," kata Made, di Kabupaten Malang, Jawa Timur, Kamis.

Made menjelaskan, ada beberapa hal yang menjadi tujuan dari diberikannya penghargaan kepada pelaku usaha wisata pada Malang Tourism Award tersebut. Diantaranya adalah, untuk meningkatkan kualitas pelaku usaha wisata.

Selain itu juga dalam upaya untuk meningkatkan kunjungan wisatawan khususnya di wilayah Kabupaten Malang, serta, menjadi motivasi bagi pelaku usaha untuk meningkatkan pelayanan serta fasilitas wisata di Kabupaten Malang.

"Malang Tourism Award ini baru pertama kali diadakan oleh Pemerintah Kabupaten Malang, yang diharapkan bisa memacu potensi sektor wisata," kata Made.

Malang Tourism Award terbagi dalam empat bidang yaitu Bidang Budaya, Bidang Pemasaran, Bidang Pengembangan Industri, dan Bidang Destinasi Pariwisata. Pada masing-masing bidang akan terbagi dalam tiga kategori dan tiga nominasi.

Secara rinci, bidang industri terdiri dari kategori hotel bintang, hotel non bintang, kuliner, homestay, dan travel. Selanjutnya bidang destinasi terdiri dari kategori pokdarwis, daya tarik wisata, dan desa wisata.

Selain itu, bidang kebudayaan, terdiri dari kategori pelaku seni, pelestarian sejarah cagar budaya, dan upacara adat tradisi. Terakhir dari bidang pemasaran, terdiri dari kategori best event tourism, best supporting community, dan best media tourism.

Wilayah Kabupaten Malang memiliki potensi destinasi wisata alam yang mampu menarik minat wisatawan dari berbagai wilayah di Indonesia. Tercatat, pada 2019 ditargetkan jumlah kunjungan wisatawan berada pada angka 7,6 juta kunjungan.

Baca juga: Mendorong geliat pariwisata Malang Raya lewat KEK Singhasari
Baca juga: Pemkot Malang siapkan Rp16 miliar kembangkan kawasan Kayutangan


Pewarta: Vicki Febrianto
Editor: Ahmad Wijaya
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Petani bawang merah diuntungkan dengan penggunaan bibit biji

Komentar