Tenis

Federer ke semifinal ATP Finals setelah kalahkan Djokovic

Federer ke semifinal ATP Finals setelah kalahkan Djokovic

Dokumentasi: Petenis Swiss Roger Federer bereaksi saat bertanding melawan petenis Spanyol Albert Ramos-Vinolas pada tunggal putra turnamen tenis Shanghai Masters di Shanghai, China, Selasa (8/10/2019). REUTERS/Aly Song/nz/djo (REUTERS/ALY SONG)

Jakarta (ANTARA) - Roger Federer maju ke semifinal turnamen ATP Finals setelah mengalahkan Novak Djokovic untuk pertama kalinya dalam empat tahun dengan dua set langsung 6-4, 6-3 di London, Kamis malam.

Pertemuan Federer dengan Djokovic pada babak penyisihan grup Bjorn Borg turnamen penutup musim itu merupakan salah satu pertandingan yang begitu berkesan bagi petenis Swiss tersebut.

"Suasana yang luar biasa, lawan yang hebat di The O2, jelas sangat istimewa. Saya menikmati malam ini dari awal. Saya bisa bermain luar biasa, itu sangat ajaib," kata Federer, seperti dilansir laman resmi ATP.

Baca juga: Tsitsipas lolos ke semi final ATP Finals usai kalahkan Zverev

Federer yang menjadi unggulan ketiga mencapai semifinalnya yang ke-16 di turnamen penutup musim ATP Finals sekaligus mengakhiri harapan petenis Serbia itu untuk mengakhiri tahun sebagai petenis nomor satu dunia untuk keenam kalinya.

"Dia adalah pemain yang lebih baik dalam semua aspek dan benar-benar pantas menang. Servisnya bagus, bergerak dengan baik, pengembalian servisnya pun sangat baik. Dia melakukan segalanya dengan benar," kata Djokovic yang saat ini menempati peringkat dua dunia.

Djokovic sebelumnya perlu menjuarai turnamen penutup musim itu untuk berkesempatan mengalahkan Rafael Nadal dari peringkat satu dunia, tetapi nyatanya sekarang Nadal lah yang dipastikan berakhir di peringkat nomor wahid untuk tahun kelimanya.

Baca juga: Kalahkan Djokovic, Thiem ke semifinal ATP Finals 2019

Federer kini berada di urutan kedua di grup Bjorn Borg, di belakang Dominic Thiem dari Austria yang mengalahkan Federer dan Djokovic awal pekan ini. Petenis Swiss berusia 38 tahun ini akan menghadapi pemenang grup Andre Agassi pada hari Sabtu.

Pewarta: Roy Rosa Bachtiar
Editor: Irwan Suhirwandi
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar