Kualifikasi Piala Eropa 2020

Hasil dan klasemen Grup B: Ukraina dan Portugal lolos, Serbia playoff

Hasil dan klasemen Grup B: Ukraina dan Portugal lolos, Serbia playoff

Pesepak bola Portugal Cristiano Ronaldo (tengah) melakukan selebrasi bersama rekannya setelah berhasil membobol gawang lawannya Luksemburg dalam laga babak kualifikasi Piala Eropa 2020, di Stadion Stade Josy Barthel, Luksemburg, MInggu (17/11/2019). Portugal lolos ke Piala Eropa 2020 setelah berhasil mengalahkan Luksemburg 2-0 dan Ronaldo menyumbang satu gol dalam pertandingan ini. ANTARA FOTO/Johanna Geron/hp.

Jakarta (ANTARA) - Ukraina dan Portugal memastikan diri melaju ke putaran final usai masing-masing menempati posisi pertama dan kedua pada babak kualifikasi dan berhak mewakili Grup B pada putaran final Piala Eropa 2020.

Perjalanan Ukraina pada babak kualifikasi terbilang mulus. Dari delapan laga yang dijalani, mereka memenangkan enam pertandingan dan dua hasil imbang tanpa sekalipun mengalami kekalahan.

Pasukan Andriy Shevchenko ini bahkan sudah memastikan diri ke putaran final Piala Eropa sejak pertandingan ke-6 usai menghempaskan perlawanan Portugal dengan skor 2-1. Mereka menempati posisi pertama Grup B dengan 20 poin.

Baca juga: Portugal pastikan tiket ke putaran final Piala Eropa 2020

Baca juga: Ditahan imbang Ukraina, Serbia terpaksa lewat jalur playoff


Sementara Portugal harus memastikan merebut satu tiket ke putaran final hingga pertandingan terakhir melawan Luksemburg. Mereka menang 0-2 berkat gol Bruno Fernandes dan Cristiano Ronaldo. Mereka berada di posisi kedua dengan mengumpulkan 17 poin dari hasil lima menang, dua imbang, dan satu kekalahan.

Serbia yang berada di posisi ketiga masih memiliki kesempatan untuk bisa tampil di Piala Eropa lewat jalur Playoff. Tiket di babak Playoff itu didapatkan Serbia karena berhasil memuncaki Liga C Grup 4. Sementara dua tim lainnya Luksemburg dan Lithuania menjadi bulan-bulanan Grup B. Masing-masing menempati posisi keempat (4 poin) dan (1 poin) pada babak kualifikasi.

Baca juga: Polandia dan Austria lolos ke putaran final wakili Grup G

Baca juga: Jerman cukur Belarusia demi lolos dan puncaki Grup C


Berikut hasil laga pamungkas fase kualifikasi Grup B (tuan rumah disebut pertama):

Luxembourg 0 - Portugal 2 (Bruno Fernandes 39', Cristiano Ronaldo 86')
Serbia 2 - Ukraina 2 (Dusan Tadic p-9', Aleksandar Mitrovic 56'; Roman Yaremchuk 32', Artem Besedin 90+3')

Klasemen Grup B Kualifikasi Piala Eropa 2020


Baca juga: Belanda lolos walau diimbangi Irlandia Utara

Baca juga: Kroasia pastikan tiket putaran final usai tundukkan Slowakia

Pewarta: Asep Firmansyah
Editor: Gilang Galiartha
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar