Jakarta (ANTARA) - Di era berbagai macam jenis diet dan suplemen makanan, kita sering lupa bahwa banyak rempah-rempah di dapur yang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan.
Salah satunya adalah kunyit yang terkenal dengan sifat antioksidan dan anti-inflamasinya, seperti dikutip dari Time of India pada Kamis.

Kunyit yang telah lama menjadi bagian dari praktik pengobatan tradisional, adalah salah satu bumbu yang paling umum ditemukan di rumah tangga.

Selain menjadi antioksidan yang sangat kuat, kunyit juga dapat membantu menghilangkan lemak perut serta dapat mengurangi gejala kembung dan gas pada perut.

Curcumin adalah bahan aktif utama dalam kunyit yang memiliki beberapa sifat penyembuhan dan dikenal untuk meningkatkan kekebalan tubuh. Memulai hari Anda dengan segelas air kunyit dapat membantu mempersiapkan sistem pencernaan Anda untuk hari itu.

Ketika dikonsumsi di pagi hari, kunyit membantu mengeluarkan racun dari tubuh dan memulai metabolisme Anda. Ini juga meningkatkan pencernaan dengan mempengaruhi kantong empedu untuk menghasilkan empedu dan enzim pencernaan lainnya yang diperlukan untuk pencernaan yang tepat.

Anda juga dapat membuat minuman sari kunyit di rumah cukup dengan segelas air dan setengah sendok teh parutan kunyit. Didihkan segelas air, kemudian masukkan parutan kunyit ke dalamnya. Biarkan beberapa saat hingga mendidih kembali, angkat lalu saring. Anda dapat menambahkan madu sesuai selera, untuk memperbaiki rasa kunyit yang mungkin terlalu pengar.


Baca juga: Lima bahan alami untuk mencerahkan ketiak

Baca juga: Studi: kunyit bagus untuk daya ingat

Baca juga: Cara memutihkan gigi dengan kunyit

Penerjemah: Maria Rosari Dwi Putri
Editor: Ida Nurcahyani
Copyright © ANTARA 2019