Jakarta (ANTARA) - Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) DKI Jakarta meluncurkan warung amal berbasis aplikasi Android "Bagii Piring" di kawasan Cengkareng, Jakarta Barat, Kamis.

Warung Makan Ayam Penyet Mas Marno, salah satu warung makan di daerah Cengkareng menjadi lokasi yang ditunjuk menjadi mitra program aplikasi Baznas DKI "Bagii Piring."

"Kita berharap akan semakin banyak warung makan yang bisa bermitra dengan kami, dan semakin banyak pula masyarakat yang tergerak ikut berpartisipasi menjadi donatur dari program ini," ujar Pimpinan Baznas DKI bidang Pendistribusian dan Pendayagunaan Saat Suharto Amjad.

Saat mengatakan Warung Makan Ayam Penyet Mas Marno terdapat 22 orang dhuafa yang menerima manfaat program "Bagii Piring," dan dua diantaranya disumbang sendiri oleh Warung Makan Mas Marno.

"Target kami, tahun depan program ini bisa dinikmati oleh 200 ribu duafa di seluruh wilayah Jakarta, karenanya, kami mendorong masyarakat juga ikut berkontribusi langsung dengan menjadi donatur program ini,” kata Saat.

Peresmian warung "Bagii Piring" tersebut dihadiri Ketua Baznas DKI Jakarta Ahmad Luthfi Fathullah dan Wakil Wali Kota Jakarta Barat Muhammad Zen.

Di Jakarta Barat, tercatat ada 8 warung yang menjadi mitra program "Bagii Piriing" dengan jumlah penerima manfaat sekitar 130 orang, kata dia.

Hingga akhir tahun 2019, Baznas DKI menargetkan membagikan 1000 porsi makanan setiap hari yang disalurkan lewat program "Bagii Piring," kepada 2000 penerima manfaat, melibatkan sekitar 100 warung mitranya di seluruh wilayah Jakarta Barat.

Baca juga: DKI Jakarta bagi 800 kartu Jak Lingko gratis

Baca juga: Dompet Dhuafa tingkatkan layanan rumah singgah bagi pasien duafa

Baca juga: BRI Syariah - Dompet Dhuafa garap layanan digital inklusi keuangan


"Bagii Piring" telah menjalin kerjasama dengan 51 warung mitra mereka yang tersebar di 6 wilayah Jakarta, termasuk di Kepulauan Seribu.

Adapun sebanyak 667 dhuafa yang akan menerima manfaat program "Bagii Piring" di seluruh wilayah Jakarta.

"Bagii Piring" merupakan sebuah platform yang menjadi salah satu program unggulan Baznas (Bazis) DKI Jakarta berbasis aplikasi Android.

Lewat program tersebut, Baznas (Bazis) DKI membagikan kebahagiaan kepada para du’afa dengan memberi mereka makan gratis di warung-warung makan yang telah menjadi mitra program tersebut.

Pewarta: Devi Nindy Sari Ramadhan
Editor: Ganet Dirgantara
Copyright © ANTARA 2019