hasil pengumpulan zakat tersebut dimanfaatkan untuk berbagai macam kegiatan, salah satunya adalah bedah rumah
Jakarta (ANTARA) - Badan Amil Zakat Nasional atau (BAZNAS (BAZIS) menargetkan bisa mengumpulkan zakat sebesar Rp49 miliar di Jakarta Barat pada tahun 2024.

Target tersebut lebih besar dibandingkan dengan target pengumpulan zakat pada tahun 2023 sebesar Rp41 miliar.

"Kalau tahun lalu target tidak tercapai, maka pada tahun ini kami optimistis," ungkap staf pengumpulan BAZNAS (BAZIS) Jakarta Barat (Jakbar) Ibnu saat ditemui di Jakarta pada Rabu.

Ibnu menuturkan  meskipun target pengumpulan zakat tahun 2023 tidak tercapai, pihaknya optimis tahun ini target Rp49 miliar tersebut dapat tercapai.

"Tahun 2023 lalu, pengumpulan zakat itu sekitar Rp31 miliar dari target yang diberikan Rp41 miliar. Ya mudah-mudahan tahun ini target tercapai," tutur Ibnu.

Lebih lanjut, kata Ibnu, hasil pengumpulan zakat tersebut dimanfaatkan untuk berbagai macam kegiatan, salah satunya adalah bedah rumah.

"Dana (zakat yang dikumpulkan) itu dialokasikan untuk beberapa program, misalnya bedah rumah. Tahun 2023 itu ada 112 bedah rumah. Di 2024 pun masih sama, untuk (target) bedah rumah itu 112 bedah rumah," kata Ibnu.

Pihaknya bekerja sama dengan sejumlah pihak di wilayah Jakbar, seperti Aparatur Sipil Negara (ASN), perusahaan swasta dan sekolah-sekolah.

"Upayanya kita sudah bekerja sama, MoU dengan beberapa perusahaan terkait pengumpulan zakat. Memang lebih banyaknya juga dari hasil Tunjangan Kinerja Daerah (TKD) dari ASN di Jakbar.

Ada juga program dengan beberapa sekolah, juga dari kecamatan dan kelurahan," ungkap Ibnu.

Khusus untuk sekolah, pihaknya tidak mematok target, melainkan secara sukarela.

"Untuk sekolah itu tugasnya kita hanya mengajarkan ya, mengenalkan, tanpa ada target yang ditentukan. Kita menggunakan medianya yang namanya amplop. Jadi guru sebarkan amplop ke anak-anak murid, nanti anak-anak itu belajar beramal, kita terima berapa pun nilainya," pungkas Ibnu.
Baca juga: Heru bersama BUMD salurkan zakat melalui BAZNAS BAZIS DKI Jakarta
Baca juga: Lebih 100 orang hapus tato di Jakarta Selatan
Baca juga: 139 peserta ikuti skrining katarak gratis di RSUD Tamansari


Pewarta: Redemptus Elyonai Risky Syukur
Editor: Ganet Dirgantara
Copyright © ANTARA 2024