Salah satunya kepada Rayo
Jakarta (ANTARA) - Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Badan Amil Zakat, Infaq dan Shadaqah (BAZIS) DKI Jakarta menegaskan bahwa pembayaran ZIS dan donasi lainnya disalurkan kepada penerima sesuai syariah dan regulasi yang berlaku.

"Salah satunya kepada Rayo, seorang kakek penjual sate Padang yang sedang membutuhkan bantuan," kata Ketua Baznas Bazis DKI Jakarta, Ahmad Abubakar dalam keterangan tertulisnya di Jakarta, Selasa.

Penegasan tersebut untuk menanggapi surat terbuka seorang warganet di akun IG dalam tautan https://www.instagram.com/p/CuMEWFXyBA8/?igshid=Y2IzZGU1MTFhOQ terkait persoalan seputar bantuan kepada salah seorang warga Kelurahan Cempaka Putih Utara, Jakarta Pusat tersebut.

Ahmad melanjutkan, seluruh dana yang terkumpul di simpulkebaikan.id untuk kakek Rayo akan diserahkan setelah masa iklan berakhir dan atau target telah terpenuhi.

Baca juga: Baznas (BAZIS) DKI targetkan zakat Rp99 M tunjuk Bepe jadi duta zakat
 
Baznas Bazis DKI Jakarta juga telah menyerahkan bantuan sebesar Rp11 juta kepada Kakek Rayo. Bantuan tersebut berupa uang tunai sebesar Rp10,5 juta dan Rp500 ribu berupa paket sembako.

Selain itu, Wakil Ketua 4 BAZNAS (BAZIS) DKI Jakarta Nasir Tajang mengatakan bahwa pada awalnya bantuan BAZNAS (BAZIS) DKI kepada kakek Rayo berupa borong dagangan lansia sebesar Rp1 juta merupakan program Ramadhan 1444 H BAZNAS (BAZIS) DKI Jakarta.
 
Bantuan dalam program "Borong Dagangan Lansia" itu diawali dengan survei termasuk kepada kakek Rayo.
 
Pada saat survei ke lokasi berjualan kakek Rayo, kata Nasir, sore hari itu hujan lebat dan angin kencang sehingga gerobaknya roboh dan semua dagangannya tumpah.

Baca juga: Pemkot Jakpus bersama Baznas evaluasi pengumpulan ZIS

"Konten penggalangan dana di Simpulkebaikan untuk kakek Rayo, ternyata ada pihak yang simpati dan mengunggah ulang di aku pribadi Tiktoknya untuk menggalang dana membantunya membelikan gerobak baru," jelas Nasir.

Setelah dana terkumpul di platform simpulkebaikan.id dan sudah mencukupi untuk membelikan gerobak baru kakek Rayo, tim BAZNAS (BAZIS) DKI berkunjung kembali ke rumahnya untuk menyerahkan dana pembelian gerobak.
 
Ternyata, kunjungan kedua tersebut kakek Rayo baru menyampaikan bahwa gerobaknya sudah dibelikan yang baru sama pihak lain.
 
Melihat kakek Rayo yang juga memiliki kebutuhan mendesak lain, maka BAZNAS (BAZIS) DKI menyetujui dana tersebut digunakan untuk membayar kontrakan dan kebutuhan hidup sehari-hari kakek Rayo.

Baca juga: Pemkot Jaktim serahkan bantuan pendidikan bagi pelajar kurang mampu
 
"Kami targetkan pengumpulan dana itu sebesar Rp30 juta. Jadi, mekanisme itu terkait target dana dan waktu. Kalau dana sudah terpenuhi, iklan itu kita hentikan. Sampai saat ini sudah terkumpul sekitar Rp28 juta," ujar Nasir.
 
Terakhir, Nasir menegaskan bahwa pihaknya  membantu orang yang menerima zakat (mustahik) baik itu bantuan pendidikan, ekonomi, program khusus Ramadhan, ataupun program Jakarta Cinta Disabilitas.

Pewarta: Siti Nurhaliza
Editor: Edy Sujatmiko
Copyright © ANTARA 2023