jumlah hunian tersebut tidak termasuk tujuh bangunan yang berada di garis sepadan sungai (GSS), Kali Krukut
Jakarta (ANTARA) - BAZNAS (BAZIS) DKI Jakarta merampungkan penataan permukiman yang terbakar di Kelurahan Pela Mampang, Jakarta Selatan, pada 26 Desember 2022 menjadi lebih rapi, bersih, dan terawat melalui Program Bedah Kawasan (PBK).

"Terdapat 36 hunian yang dibangun BAZNAS (BAZIS) DKI Jakarta terdiri atas wilayah RT 06/02 sebanyak dua bangunan, RT 07/05 sebanyak 30 bangunan, dan RT 08/05 sebanyak empat bangunan," kata Wakil Ketua II BAZNAS (BAZIS) DKI Jakarta, Sa'at Suharto Amjad saat dikonfirmasi di Jakarta, Selasa.
 
Sa'at menyebut jumlah hunian tersebut tidak termasuk tujuh bangunan yang berada di garis sepadan sungai (GSS) Kali Krukut dan dua pemilik bangunan yang sudah menyatakan membangun sendiri.

Selain itu, teknis pembangunan bedah kawasan di lokasi tersebut sudah melewati proses  musyawarah dengan masyarakat yang terdampak kebakaran bersama dengan pihak BAZNAS (BAZIS) DKI Jakarta.

Adapun total dana Zakat, Infaq, dan Sedekah (ZIS) yang dikeluarkan untuk pembangunan bedah kawasan Pela Mampang, Mampang Prapatan, Jakarta Selatan yakni sekitar Rp6,4 miliar.
 
Kemudian, bagi tujuh pemilik bangunan yang terdampak kebakaran di lokasi tanah dan bangunan yang berada di GSS diberikan bantuan kemanusiaan yang nilainya masing-masing Rp20 juta.
 
Sa'at turut mengapresiasi kerja sama yang terjalin dalam program bedah kawasan di kelurahan Pela Mampang. Dia berharap, warga dapat terus merawat permukiman tersebut dengan baik.
 
"Sementara itu, akses jalan dan infrastruktur lainnya telah diperbaiki setelah kebakaran. Peletakan batu pertama di lokasi bedah kawasan dilakukan oleh Wali Kota Administrasi Jakarta Selatan, Bapak Munjirin," ujar Sa'at.
 
Salah seorang warga RT 06/05 Ahmad Sugiri turut menyampaikan terima kasih atas program bedah kawasan (PBK) yang  dilaksanakan BAZNAS (BAZIS) DKI Jakarta
 
"Kami mewakili warga tiga RT di Pela Mampang menyampaikan terima kasih kepada para muzaki yang telah menyampaikan ZIS-nya melalui BAZNAS (BAZIS) DKI Jakarta. Amal baik Muzaki akan mendapat balasan pahala dari Allah SWT," ucap Ahmad.

Peristiwa kebakaran di Jalan Bangka Raya Gg Amal I RT 06, 07, dan 08 RW 05 mengakibatkan sekitar sepuluh bangunan yang ditempati seratus jiwa hangus terbakar.
 
Sebanyak 71 bangunan terbakar, dan dari jumlah tersebut hanya 55 bangunan yang memiliki sertifikat yakni enam bangunan di RT 06/05, 37 bangunan di RT 07/05, dan 12 bangunan di RT 08/05.
 
Kemudian, dari 55 bangunan yang memiliki sertifikat, sebanyak 45 bangunan ditempati oleh pemiliknya dan 10 bangunan lainnya digunakan untuk kontrakan atau usaha.
Baca juga: HUT ke-496 Jakarta, Jaksel santuni korban kebakaran Pela Mampang
Baca juga: BPBD DKI sedot banjir setinggi 1,2 meter di Pela Mampang
Baca juga: Banjir genangi kawasan Pela Mampang setinggi satu meter

Pewarta: Siti Nurhaliza
Editor: Ganet Dirgantara
Copyright © ANTARA 2023