Liga Belanda

Gulung Heracles 4-1, Ajax pertahankan keunggulan enam poin

Gulung Heracles 4-1, Ajax pertahankan keunggulan enam poin

Penyerang Ajax, Zakaria Labyad, bersama Hakim Ziyech merayakan gol kedua ke gawang Heracles Almelo pada laga pekan ke-14 Liga Belanda di Stadion Amsterdam Arena, Minggu (24/11/2019) dini hari WIB. (HO/Twitter Ajax)

Jakarta (ANTARA) - Ajax menjaga keunggulan enam poin di puncak klasemen usai mencukur Heracles Almelo dengan skor 4-1 dalam laga lanjutan Liga Belanda pekan ke-14 di Stadion Amsterdam Arena pada Minggu dini hari WIB.

Quincy Promes membukukan dua gol dalam kemenangan itu dilengkapi gol-gol Zakaria Labyad dan Klaas Jan Huntelaar, demikian catatan laman resmi Liga Belanda.

Hasil itu sekaligus menegaskan posisi Ajax di puncak klasemen dengan raupan 38 poin atau sementara ini unggul enam poin dari pesaing terdekatnya, AZ Alkmaar (32) yang pada laga yang berlangsung lebih awal menang 0-3 di markas Utrecht.

Baca juga: Ajax kokoh di puncak klasemen, enam besar tak berubah

Baca juga: AZ Alkmaar tempel ketat Ajax


Sementara bagi Heracles kekalahan ini memberikan kesempatan bagi pesaing terdekatnya di papan tengah klasemen untuk saling menyalip. Apalagi Feyenoord, Groningen, dan FC Twente yang berada di bawahnya baru akan bertanding Minggu malam.

Sejak sepak mula Ajax menguasai pertandingan dan tampil agresif, sayang peluang yang diperoleh Daley Blind hanya berbuah tendangan gawang. Dusan Tadic sempat mengancam, namun sepakannya masih di blok bek lawan.

Gol yang ditunggu-tunggu tuan rumah baru hadir pada pertengahan babak pertama melalui sundulan Quincy Promes usai memaksimalkan umpan Hakim Ziyech. Babak pertama berakhir 1-0.

Zakariya Labyad membawa Ajax unggul 2-0 pada menit ke-55. Berawal dari umpan terobosan Daley Blind, Labyad yang menerimanya langsung melepaskan sepakan kaki kanan yang tak bisa di antisipasi kiper Heracles, Janis Blaswich.

Baca juga: Van der Sar urung gabung MU setelah teken kontrak di Ajax

Empat menit berselang, Quincy Promes kembali mencatatkan namanya di papan skor yang lagi-lagi memanfaatkan asis Hakim Ziyech. Ajax unggul 3-0 atas tamunya.

Saat laga hanya tinggal menyisakan empat menit di waktu normal, striker flamboyan Klass Jan Huntelaar membuat Ajax semakin membenamkan Heracles melalui tendangan mendatar di dalam kotak penalti.

Satu-satunya gol hiburan Heracles terjadi pada menit ke-89. Berawal dari serangan balik cepat, Cyriel Dessers mampu melepaskan sepakan yang tak mampu dihalau kiper Ajax, Andre Onana. Hingga pertandingan usai skor 4-1 untuk kemenangan Ajax atas Heracles.

Baca juga: Lampard akui laga kontra Ajax sulit dibandingkan dengan laga lainnya

Berikut susunan pemain;

Ajax (4-3-3): Andre Onana; Tagliafico, Noussair Mazraoui (Sergino Dest), Daley Blind, Perr Schuurs; Lisandro Martinez, Hakim Ziyech (Marin), Donny van de Beek; Promes, Zakaria Labyad (Huntelaar), Dusan Tadic.

Heracles (4-2-3-1): Janis Blaswich; Lennart Czyborra, Mats Knoester, Tim Breukers, Robin Propper, Alexander Merkel, Silvester van der Water (Teun Bijleveld); Orestis Kiomourtzoglou, dos Santos (Junior), Sebastian Jakublak (Mohammed Osman); Cyriel Dessers.

Pewarta: Asep Firmansyah
Editor: Junaydi Suswanto
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar