Jakarta (ANTARA) - Badan Pengatur Jalan Tol atau BPJT Kementerian PUPR menyatakan target operasional Tol layang Jakarta-Cikampek atau Japek Elevated tetap berjalan sesuai rencana pada saat liburan Natal 2019 dan Tahun Baru 2020.

"Kalau kita tetap saja masih belum berubah targetnya pada saat Natal dan Tahun Baru sudah beroperasi penuh," ujar Kepala BPJT Danang Parikesit di Jakarta, Rabu.

Danang mengatakan bahwa saat ini tinggal mendorong untuk melakukan pra uji laik fungsi (ULF), kemudian kontraktor proyek tol tersebut berjanji pada akhir bulan ini yakni awal pekan keempat konstruksi sudah selesai.

"Jadi setelah kontraktor selesai, tinggal serah terima pekerjaan sementara atau provisional hand over (PHO) kepada badan usaha. Setelah serah terima, kita melakukan uji layak fungsi," katanya.

Mudah-mudahan, lanjutnya, dalam satu atau dua pekan uji layak fungsi sudah selesai dan bisa dioperasikan mungkin sekitar tanggal 15 Desember atau pekan ketiga, yang jelas sebelum libur Natal dan Tahun Baru.

Terkait apakah status Japek Elevated saat beroperasi nanti gratis atau tidak, Danang menjawab hal tersebut mengikuti arahan Presiden Joko Widodo.

"Kalau terkait status Japek Elevated gratis atau tidak, biasanya bapak Presiden Joko Widodo yang mengarahkan. tapi kita juga minta badan usaha untuk menghitung ke sana," ujar Kepala BPJT tersebut.

Tol Jakarta-Cikampek (Japek) Elevated bakal diopersionalkan secara fungsional saat perayaan libur Natal dan Tahun Baru 2020.

Corporate Communications and Community Development Group Head PT Jasa Marga (Persero) Tbk, Dwimawan Heru Santoso mengatakan saat ini pihaknya masih melakukan koordinasi dengan sejumlah pihak dalam pengelolaan Tol Japek Elevated.

Heru memproyeksikan pada saat libur Natal dan Tahun Baru lalu lintas di Tol Japek akan meningkat seperti yang terjadi pada setiap hari besar seperti Idul Fitri 2019 dan Natal 2018 lalu namun ia meyakini dengan dioperasikannya Tol Japek Elevated akan menekan kepadatan lalu lintas.


Baca juga: Tol Japek dioperasionalkan fungsional saat libur Natal-Tahun Baru
Baca juga: Kemenhub usulkan tak ada perbedaan tarif Tol Jakarta-Cikampek layang
Baca juga: Indef: Operasionalisasi Japek Elevated mengurai kemacetan tol Cikampek


Pewarta: Aji Cakti
Editor: Subagyo
Copyright © ANTARA 2019